Tiga siswa minta dukungan Wali Kota Makassar di Asean Robotic Day

id Tiga siswa MAN 1 Makassar wakili Kota Makassar di Asean Robotic Day

Tiga siswa minta dukungan Wali Kota Makassar di Asean Robotic Day

Wali Kota Makassar bersama dua orang siswa MAN 1 Makassar memperlihatkan robotnya yang akan dipertandingkan pada kompetisi Asean Robotic Day di Jakarta pada 21-22 September 2021 di Makassar, Jumat (17/9/2021) ANTARA/HO-Pemkot Makassar

Makassar (ANTARA) - Tiga orang siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Makassar, Sulawesi Selatan, mendatangi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk meminta dukungan mengikuti kompetisi Asean Robotic Day.

Ahmad Yugi, satu dari tiga orang siswa MAN 1 Makassar di Makassar, Jumat, mengatakan, dukungan dari semua pihak akan membantu menyemangati tim robotic dari Makassar.

"Dukungan dari semua masyarakat akan membuat kami bersemangat dalam bertanding, terlebih ada dukungan dari bapak wali kota," ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa IPB teliti robot pendeteksi korban bencana

Yugi mengatakan, Asean Robotic Day (ARD) merupakan acara kompetisi robotik rutin yang diikuti oleh negara-negara Asean (Perhimpunan negara-negara Asia Tenggara).

Acara ini merupakan kegiatan kompetisi dan ajang pembuktian kemampuan robotika pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA serta SMK se-Asean.

Pada kompetisi itu, dirinya bersama dua rekannya yang lain Andi Muh Fayyad Fathanah, Muh Rifky Aditya menargetkan keluar sebagai juara satu seperti yang dilakukannya setahun sebelumnya.

Baca juga: ASEAN Robotic Day sebagai penguatan daya saing pegiat robotika

"Target kami menang juara 1 seperti tahun lalu. Jadi, ada tingkat nasional dan Asean. Insya Allah kami harumkan nama Sulsel khususnya Kota Makassar," katanya.

Yugi menyebutkan ada empat kategori robot yang akan ditampilkan selama pelaksanaan digelar pada 21-22 September itu. Robot kreatif di mana robotnya dapat membatasi pengunjung yang diinginkan.

"Ada robot 3 bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia), robot penyemprot disinfektan, dan keempat robot mobile yang dapat mengantarkan obat dan masker ke pasien tanpa harus bersentuhan langsung," terang pembina Robotic MTSN 1 Kota Makassar Asykin.
 


Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang melihat langsung robot-robot anak-anak Makassar itu bangga, apalagi prestasi tahun sebelumnya juga sebagai juara satu.

Ia pun langsung memberikan tiket pergi dan pulang (PP) dan penginapan serta akomodasi selama mengikuti pertandingan yang akan dilaksanakan di Jakarta tersebut.

"Saya lihat ini sangat bersinergi dengan program kami di masa pandemi. Jadi kami sangat mendukung dan mendoakan semoga menang. Karena tiga siswa ini sudah sering juara 1 tahun-tahun lalu," sebutnya.

Danny merasa sangat bangga terhadap anak Makassar yang memiliki karya yang dikenal hingga tingkat Asean.

"Ini aset bangsa. Penerus yang bermanfaat buat kemajuan negeri kita. Kita patut support dan berkaloborasi nantinya," ucap Danny Pomanto.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar