Operasi Laut Interdiksi Terpadu gagalkan penyelundupan 122 kg sabu

id berita sumut,bnn tutup operasi laut,berita medan terkini,bnn tutup operasi laut interdiksi terpadu gagalkan 122 kg sabu,operasi bnn

Operasi Laut Interdiksi Terpadu gagalkan penyelundupan 122 kg sabu

Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari (nomor satu dari kiri) memberikan keterangan, di Pelabuhan Ujung Baru, Dermaga Belawan, Kota Medan. ANTARA/Munawar

Medan (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) resmi menutup Operasi Laut Interdiksi Terpadu, dan berhasil menggagalkan penyelundupan 122 kg sabu-sabu yang hendak masuk ke perairan Indonesia dari luar negeri.

"Selain itu, tim gabungan juga berhasil menemukan dua kali pelanggaran kepabeanan dan dua kali pelanggaran pelayaran," kata Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari, mewakili Kepala BNN Petrus R.Golose, di Pelabuhan Ujung Baru, Dermaga Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu.

Arman menyebutkan, dalam Operasi Laut Interdiksi Terpadu itu, tim gabungan membongkar penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu di perairan Indonesia.

"Jadi ratusan kilogram sabu-sabu itu disita di wilayah perairan Sulawesi, dan juga mengamankan sejumlah tersangka yang membawa barang yang dilarang pemerintah itu," ujarnya.

Ia menjelaskan, karena lokasi penangkapan narkotika tersebut berada di wilayah Sulawesi, maka tidak mungkin barang bukti (BB) dan para tersangka dihadirkan di sini (Sumut).

"Wilayah yang menjadi sasaran operasi yaitu perairan Selat Malaka, perairan Selat Makassar, Laut Sulawesi, Kepulauan Seribu serta pelabuhan-pelabuhan yang terhubung dengan wilayah perairan tersebut," katanya lagi.

Tim gabungan tersebut terdiri dari unsur internal dan eksternal BNN. Unsur internal di antaranya BNN Pusat, BNNP Aceh, BNNP Sumatera Utara ,BNNP Riau, BNNP Kepulauan Riau, BNNP Kalimantan Timur, BNNP Sulawesi Selatan, dan BNNP DKI Jakarta.

Sedangkan dari unsur eksternal di antaranya Direktorat Polair Kor-Polairud Baharkam Polri, Direktorat Penindakan dan Penyidikan Ditjen Bea dan Cukai, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Ditjen Perhubungan Laut, serta Direktorat Pemantauan dan Operasi Armada Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

Operasi Laut Interdiksi Terpadu dibuka Kepala BNN RI Petrus R.Golose pada Selasa (14/9), di Dermaga Bintang 99, Batam, Kepulauan Riau,.dan ditutup oleh Kepala BNN RI Petrus R Golose diwakili Kakorpolairud Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca. di Pelabuhan Ujung Baru, Dermaga Belawan, Kota Medan, Sabtu.
Baca juga: BNN kerahkan anjing pelacak untuk razia narkoba di apartemen
Baca juga: DJBC-BNN-Polri amankan 85,5 kilogram sabu dari operasi laut gabungan

Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar