Surabaya (ANTARA News) - Komandan Satgas Yonmek Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL atau Indonesian Battalion (INDOBATT) Letkol Inf Hendy Antariksa menghadiri upacara peringatan Hari Perdamaian International di Lapangan Cenotaph, Markas UNIFIL, Naqoura, Lebanon Selatan.

Perwira Penerangan INDOBATT Mayor Pasukan Banu Kusworo kepada ANTARA melalui surat elektronik dari Lebanon, Sabtu, melaporkan, Hari Perdamaian Internasional merupakan hari antikekerasan dan gencatan senjata global yang mewajibkan semua orang dan negara menghentikan permusuhan di hari tersebut.

"Hari Perdamaian Internasional ini pertama kali dicetuskan pada tahun 1981 oleh Resolusi 36/37 Majelis Umum PBB yang diperkuat oleh Resolusi PBB 55/282 pada Tahun 2001 untuk selanjutnya tanggal 21 September ditetapkan sebagai Hari Perdamaian Internasional," katanya.

Bertindak selaku inspektur upacara UNIFIL Force Commander, Mayjen Alberto Asarta Cuevas. Irup juga melakukan peletakan karangan bunga, sedangkan peletakan karangan bunga oleh perwakilan dari LAF (Lebanese Armed Forces/Tentara Lebanon), South Litani Sector Commander Brigjen Saadek Tlais.

Setelah peletakan karangan bunga, acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta selama satu menit, lalu dilanjutkan dengan pengibaran Bendera UNIFIL dengan diiringi UNIFIL Anthem, sekaligus penyematan UN Medal Parade kepada para personel Head Quarter Staff Officer.

Acara juga dirangkai dengan pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian yang dilaksanakan oleh UNIFIL Force Commander Mayjen Alberto Asarta Cuevas, South Litani Sector Commander Brigjen Saadek Tlais, Deputy Force Commander, Brigjen Santi Bonafanti, Director Of Political & Civil Affairs Milos Stugar, Director Of Mission Support Girish Sinha, dan Chief Of Staff Brig Gen Olivier Pougin De La Maisonneuve.

"Dalam menghadiri acara tersebut, Komandan INDOBATT didampingi oleh Pasilog Kapten Inf Davit S Sirait dan Staf Komandan Sertu Mar Dedi Rochaedi," kata Banu Kusworo.

Selain itu, Komandan INDOBATT Letkol Inf Hendy Antariksa juga menghadiri upacara serah terima tugas dan wewenang (TOA/Transfer Of Authority) Kontingen Spanyol di Markas Sektor Timur UNIFIL, Base Miguel De Cervantes, Marjayoun UN Position 7-2, Lebanon Selatan (22/9).

Tugas dan wewenang diserahkan dari Kontingen Spanyol yang lama yaitu Brigade Mekanis XIV setelah selama enam bulan melaksanakan tugasnya sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian di Lebanon kepada penggantinya, Brigade Mekanis XV.

Prosesi itu juga sekaligus merupakan serah terima jabatan Komandan Sektor Timur UNIFIL yang lama, Brigjen Miguel Alcanis Comas kepada penggantinya Brigjen Fernando Guiterrez Diaz De Otazu.

(T.E011/D010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011