Jakarta (ANTARA News) - Untuk memudahkan para donatur yang ingin melakukan amal, Rumah Zakat bekerja sama dengan PT Skye Sab Indonesia meluncurkan aplikasi JAMAL (BelanJA dan BeraMAL).

Aplikasi ini bertujuan untuk mengumpulkan zakat, infaq, sedekah, dan dana kemanusiaan lainnya.

"Donatur dapat lebih mudah menyalurkan zakat melalui uang elektronik di ponsel. Kemudahan melakukan transaksi micro payment," kata Adrian S Djojorahardjo, CEO PT Skye Sab Indonesia saat meluncurkan aplikasi ini di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, siang ini.

Bertepatan dengan Idul Adha, aplikasi ini juga memungkinkan transaksi bagi donatur yang ingin berkurban.

Melalui fitur Superqurban di sub-menu Rumah Zakat, donatur dapat membeli hewan kurban secara online. Aplikasi ini menyediakan pilihan pembelian kambing dan sapi.

M. Arief, External Communications Rumah Zakat Pusat menjelaskan hewan kurban berasal dari peternakan milik mereka yang terletak di Probolinggo, Jawa Timur.

Menurut CEO Rumah Zakat, Nur Effendi, aplikasi ini merupakan komitmen mereka untuk menyerap donasi dari para donatur kepada sesama.

"Semakin optimal, semakin besar pula manfaat untuk masyarakat," tambahnya.

Selain untuk membayar zakat, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membeli pulsa, token listrik, pembayaran tagihan di merchant-merchant yang melakukan kerja sama.

Aplikasi ini juga menerapkan program loyalty reward. Setiap transaksi memberikan poin reward kepada pengguna dan uplink-nya.

JAMAL merupakan co-brand dari Skye Mobile Money. Karena tergolong transaksi dengan uang elektronik, sumber pendanaan donatur dalam aplikasi ini dapat berasal dari voucher top up, internet banking, transfer melalui ATM.

Aplikasi gratis ini dapat dipasang di ponsel pintar berbasis Android OS 2.3.6 ke atas dan BlackBerry OS 5, 6, dan 7.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013