Jakarta (ANTARA News) - PT Holcim Indonesia Tbk akan meresmikan pabrik senilai 350 juta dollar AS pada Agustus 2015, di mana pabrik tersebut merupakan pabrik kedua yang dibangun di Tuban, Jawa Timur.

"Pabrik ini sudah mulai dibangun tiga tahun lalu. Proses pembanbungan pabrik semen itukan tidak cepat, tapi sekarang sudah benar-benar siap," kata Corporate Communication Holcim Indonesia Diah Sasanawati di Jakarta, Jumat.

Diah mengatakan, kapasitas produksi pabrik tersebut mencapai 1,7 juta ton per tahun, yang merupakan penambahan kapasitas produksi pabrik Tuban I yang kapasitas produksinya saat ini 1,7 juta ton per tahun.

Sehingga, lanjut Diah, total kapasitas produksi pabrik Holcim di Tuban menjadi 3,4 juta ton per tahun.

Direktur Keuangan Holcim Indonesia Kent Carson mengatakan, dengan ekspansi tersebut, total investasi untuk pabrik Tuban I dan II mencapai 850 juta dollar AS.

Dengan penambahan produksi ini, lanjut Carson, total kapasitas produksi Holcim akan mencapai 12,5 juta ton per tahun.

“Pasar memang sedang mengalami kelesuan pada saat ini. Tapi kami di sini untuk jangka panjang dan ini merupakan langkah yang besar untuk diambil,” ujarnya.

Menurut Carson, industri semen tak bisa hanya dinilai dari bagaimana kondisinya dalam jangka pendek.

Dia mengatakan pertimbangan untuk menambah kapasitas produksi itu harus menggunakan kerangka berpikir hingga 75 tahun ke depan.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015