Palu (ANTARA News) - Para calon kepala daerah yang diusung Partai Demokrat unggul sementara di empat kabupaten pada Pilkada di Sulawesi Tengah.

"Dari data sementara yang ada, calon bupati yang kami usung masih unggul di Kabupaten Tolitoli, Banggai, Tojo Unauna dan Banggai Laut," kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Sulawesi Tengah Hendri Kawulur di Palu, Minggu, menanggapi hasil sementara Pilkada di Sulawesi Tengah.

Demokrat juga ikut mendukung pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Longki/Sudarto yang tengah memimpin perolehan suara.

"Selain kerja keras personal pasangan calon dan tim sukses, tentu saja ini juga karena dukungan partai politik," kata Hendri.

Di Kabupaten Banggai, mantan Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sulawesi Tengah Mustar Labolo maju sebagai wakil bupati mendampingi Herwin Yatim diusung Demokrat dan PDIP.

Pasangan nomor urut 3 ini hingga Minggu petang unggul sementara dengan 56.591 suara atau 38,00 persen, di atas pasangan Mamun Amir/Hj Batia Sisilia yang memperoleh 50.259 suara atau 33,75 persen.

Calon Demokrat di Kabupaten Tolitoli, yakni Ketua DPC Demokrat Tolitoli Saleh Bantilan yang berpasangan dengan Abdul Rahman HB, juga unggul sementara 32.746 atau 33,49 persen, di atas pasangan Yahya/Zainal yang memperoleh 27.940 atau 28,58 persen.

Demokrat dan koalisinya juga unggul di Kabupaten Tojo Unauna. Di sini Demokrat mengusung Muhammad Lahay/Admin Lasimpala yang memperoleh 32.335 atau 42,34 persen atau jauh di atas pasangan Mahmud Lahay/Lucky Lasahido yang sementara memperoleh 22.070 suara atau 28,90 persen.

Demokrat dan mitra koalisinya Nasdem, PDIP dan PKS juga unggul di Kabupaten Banggai Laut di mana pasangan Wenny Bukamo/Tuty Hamid memperoleh 9.970 suara atau 28,77 persen, atau dua angka di atas Sofyan Kaepa/Trin Lulumba yang diusung Gerindra dan PAN dengan 9.294 suara atau 26,82 persen.

Pewarta: Adha Nadjemuddin
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015