Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita menarik pada Selasa (12/12) yang masih laik Anda simak, :

Bahas Yerusalem bersama OKI, Jokowi terbang ke Turki

Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi bertolak ke Istanbul, Turki, untuk menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk membahas keputusan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem ibu kota Israel.

Presiden menilai KTT OKI 13 Desember esok sangat penting karena merupakan kesempatan pertama bagi negara-negara OKI untuk secara bersama dan tegas menolak keputusan Trump yang mengakui Yerusalem ibu kota Israel.

Presiden menyebut KTT Luar Biasa OKI ajab menyampaikan beberapa langkah bersama dan individual dalam membela Palestina.

"Saya berharap kunjungan ini akan memberikan manfaat nyata bagi upaya perdamaian dunia, khususnya penyelesaian sengketa antara Paleatina dan Israel," kata Jokowi.

Eropa tolak ajakan Netanyahu akui Yerusalem ibu kota Israel

Uni Eropa menolak ajakan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk mengakui Yerusalem ibu kota Israel dengan menegaskan bahwa solusi dua negara tetap satu-satunya jalan dalam mengatasi konflik Israel-Palestina.

"Anda sudah tahu pendirian Uni Eropa. Kami yakin bahwa satu-satunya solusi yang realistis untuk konflik antara Israel dan Palestina ada didasarkan kepada dua negara dengan Yerusalem sebagai ibu kota negara Israel dan negara Palestina sesuai garis batas 1967," kata Federica Mogherini dalam jumpa pers bersama dengan Netanyahu.

Mogherini, kepala hubungan luar negeri Uni Eropa, bertemu dengan Netanyahu, Senin waktu setempat, di Brussels, yang merupakan kunjungan perdana menteri Israel pertama ke Uni Eropa dalam 22 tahun terakhir.

"Ini adalah posisi tegas kami dan kami akan terus menghormati konsensus internasional menyangkut Yerusalem sampai status final Kota Suci itu diselesaikan melalui negosiasi langsung antara berbagai pihak," kata dia.

Polisi tahan tersangka pelaku peledakan di New York

Polisi sudah menahan seorang pria tersangka pelaku peledakan peledak rakitan di stasiun kereta pelaju di New York City pada jam sibuk pada Senin (11/12).

Pria berusia 27 tahun itu meledakkan bom berteknologi rendah yang diikatkan ke tubuhnya sekitar pukul 07.20 waktu setempat di jalan bawah tanah di dekat Times Square, dan membuat dirinya luka serius serta melukai tiga orang lagi.

Polisi telah mengidentifikasi tersangka sebagai Akayed Ullah dan telah menahan dia, kata Komisaris Polisi New York City James O`Neil dalam satu taklimat yang diselenggarakan di lokasi ledakan.

Marcus/Kevin raih gelar pebulu tangkis terbaik dunia versi BWF


Pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil meraih gelar pemain putra terbaik 2017 versi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Berdasarkan keterangan resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di Jakarta, Selasa, penghargaan tersebut diterima pasangan nomor satu dunia tersebut dalam acara gala dinner turnamen BWF World Super Series Finals 2017, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (11/12) malam.

Indonesia raih dua emas dan tiga perak


Tim Olimpiade Indonesia berhasil meraih dua emas dan tiga perak pada ajang pertandingan bidang sains untuk kelompok usia SMP "International Junior Science Olympiad (IJSO) di Arnhem, Nederland sejak 3 sampai 12 Desember lalu.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Denhaag, Bambang Hari Wibisono kepada Antara London, Rabu mengatakan Olimpiade sains merupakan ajang pertandingan bidang sains untuk kelompok usia SMP dan pada awalnya diinisiasi oleh Indonesia sebagai penyelenggara pertama 2004.

Dikatakannya olimpiade sains tingkat internasional memasuki periode ke-14 yang diikuti 300 orang dari 50 negara dan Indonesia mengirim lima peserta.

Kelima peserta Indonesia mendapat dua emas diraih Wilsen Chandra Putra dari SMP Sutomo 1 Medan dan Peter Addison Sadhani, siswa SMP Santo Aloysius 1 Bandung, sementara tiga medali perak diraih Lugas Firdinand Hamdi dari MTsN 1 Kota Malang, Steven William dari SMP Petra 1 Surabaya dan Carin Abbie Reyhani dari SMPN 111 Jakarta.


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017