Ambon (ANTARA News) - Ribuan umat Kristiani di Kota Ambon dan sekitarnya menyelenggarakan pawai obor untuk merayakan peristiwa Kebangkitan Yesus Kristus, Minggu dini hari.

Pawai obor umumnya diikuti anak dan remaja Sekolah Minggu Tunas Pekabaran Injil (SMTPI) serta angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) dari berbagai denominasi gereja, sejak pukul 04.00 WIT.

Pawai dilakukan dengan mengelilingi lingkungan pemukiman dan unit pelayanan masing-masing jemaat, sambil menyanyikan kidung-kidung rohani sebagai tanda sukacita dan kegembiraan.

Sekelompok pemuda peniup terompet juga terlihat berjalan mengelilingi sejumlah ruas jalan di pusat kota baik dengan berjalan kaki, maupun mengunakan mobil.

Pawai obor dilakukan setelah sebelumnya umat Kristiani melakukan ibadah persiapan dan penantian serta mengikuti aneka perlombaan di masing-masing unit pelayanan untuk memeriahkan perayaan Paskah.

Setelah pawai, umat Kristiani kemudian menuju gedung gereja masing-masing untuk melakukan ibadah perayaan Paskah yang berlangsung hikmat, dan kemudian dilanjutkan dengan acara mencari telur Paskah yang dikhususkan untuk anak-anak SMTPI.

Pada beberapa ruas jalan seperti kawasan Tugu Trikora dan Urimesing, anak-anak muda memasang lampu pelita yang terbuat dari botol minuman bekas.

Sementara di sejumlah pemukiman, warga membuat taman Paskah, serta memasang aneka lampu hias yang terbuat dari barang-barang bekas pada setiap lorong, gang, maupun jalan menuju pemukiman mereka.
 

Pewarta: Jimmi Ayal
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018