20 pelajar Lampung ikuti program SMN ke Gorontalo

id smn

20 pelajar Lampung ikuti program SMN ke Gorontalo

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Papua Barat mengikuti pembekalan Bela Negara oleh TNI AD di Yonkav 6/Serbu Naga Karimata Kodam I Bukit Barisan Medan, Sumatera Utara, Jumat (10/8/2018). Siswa yang terpilih dalam program yang digelar PT Hutama Karya (Persero) itu mengikuti pendidikan bela negara sebagai bekal untuk menanamkan sifat disiplin dan mencintai NKRI. ANTARA FOTO/Septianda Perdana/foc/18.

Bandarlampung, (ANTARA News) - Sebanyak 20 pelajar Provinsi Lampung dilepas dan akan diterbangkan ke Gorontalo untuk mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2018.

Mereka merupakan perwakilan pelajar dari 14 kabupaten/kota di Lampung yang telah lulus seleksi tertulis, wawancara, dan unjuk bakat di Bandarlampung, Jumat.

Direktur Umum dan SDM PT Semen Baturaja Amrullah mengatakan, para siswa yang akan diberangkatkan itu harus mendapatkan pembekalan dari para tenaga pengajar seperti untuk menyanyikan lagu khas Lampung, menari khas Lampung dan menggunakan bahasa Lampung, untuk memperkenalkan Lampung kepada masyarakat Gorontalo.

Selain itu, peserta SMN Provinsi Lampung bisa merepresentasikan Lampung kepada masyarakat Gorontalo dan belajar banyak tentang Gorontalo.

"Saya yakin peserta SMN bisa mendapatkan banyak wawasan tentang sosial dan yang pasti menjaga nama baik Lampung," ujar Amrullah.

Dia mengharapkan, Program Siswa Mengenal Nusantara ini dapat terus berjalan, dan bisa bergantian dengan siswa lainnya yang ada di kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Plh Asisten Deputi Bidang Usaha, Pertambangan Industri Strategis dan Media I BUMN Rainoc mengatakan, PT Semen Baturaja menjadi sponsor utama pelaksanaan kegiatan ini, serta dibantu dengan dua perusahaan BUMN lainnya seperti Kimia Farma Tbk, dan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Tbk.

Ia menjelaskan, dengan adanya program ini bisa sekaligus pertukaran pelajar dengan provinsi lainnya, untuk memperkenalkan adat budaya yang ada di provinsi ini.

Selain itu, peserta bisa memiliki kebanggaan akan keanekaragaman nusantara, serta untuk menanamkan cinta Tanah Air dan mencerdaskan generasi muda Indonesia.

Program Siswa Mengenal Nusantara ini sudah berjalan sejak tiga tahun belakangan ini dan menjadi program jangka panjang di Kementerian BUMN, khususnya memperkenalkan adanya kelebihan dari daerah masing-masing.

"Siswa-siswa yang akan diberangkatkan harus memenuhi kriteria yang ditentukan oleh daerah untuk bisa mewakili Program SMN tersebut," ujarnya pula.

Siswa Mengenal Nusantara merupakan program pertukaran pelajar yang diselenggarakan di 34 provinsi. Program ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2015. Untuk Provinsi Lampung, PT Semen Baturaja bersama tiga perusahaan BUMN lainnya mendukung program ini untuk mengenalkan budaya dan keindahan Gorontalo.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Pemprov Lampung Hery Suliyanto mengatakan, program ini sangat baik karena bisa saling mengenal kelebihan dan beraneka ragam suku budaya yang ada di masing-masing provinsi.

Selain itu, program ini juga bisa membuat para siswa lebih mandiri, serta menjadi pengalaman bagi para siswa bagaimana cara hidup bergotong royong dan bermasyarakat.

Adanya Program BUMN Hadir Untuk Negeri salah satu kegiatannya adalah Siswa Mengenal Nusantara ini mampu dan dapat menjadi salah satu solusi dalam mendukung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pendidikan hingga pelosok negeri, termasuk di Provinsi Lampung.
Baca juga: Garuda harapkan SMN promosikan wisata Yogyakarta
Baca juga: 23 peserta SMN asal sultra diberangkatkan ke Jabar

Pewarta : Budisantoso Budiman
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar