Pangkalpinang (ANTARA News) - Direktort Lalu Lintas Polda Kepulauan Bangka Belitung akan melelang pengadaan 172.000 plat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) 2019, guna memenuhi permintaan dan kebutuhan masyarakat di daerah itu.

"Kami pastikan stok plat TNKB tahun ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah ini," kata Kasubdit Regident Dit Lantas Polda Kepulauan Babel AKBP Andreas Purwanto di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, sebanyak 172.000 plat TNKB yang akan dilelang tersebut dengan rincian 150.000 pasang untuk kendaraan roda dua dan 22.000 untuk kendaraan roda empat.

Jumlah itu dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

"Stok material sudah ada, namun penggunaannya harus menunggu lelang terlebih dulu," ujarnya.

Menurut dia, penggunaan TNKB di Bangka Belitung tinggi. Pada 2018 tercatat penggunaan TNKB roda dua mencapai 96.000 pasang atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 80.000 pasang. Sedangkan untuk penggunaan TNKB kendaraan roda empat pada 2018 masih sama dengan tahun sebelumnya 21.000 pasang.

"Ada beberapa penyebab terjadinya peningkatan dalam menggunakan plat TNKB, diantaranya karena ada peningkatan jumlah kendaraan yang ada di Bangka Belitung mencapai 3.1000 kendaraan," katanya.

Selain itu, peningkatan permintaan TNKB tersebut juga karena proses ganti nama dan pemutihan pajak yangmenjadi salah satu penyebab tingginya penggunaan plat TNKB di Babel.

"Diperkirakan permintaan TNKB tahun ini tetap tinggi, bahkan mengalami peningkatan karena pelayanan yang dioptimalkan dan adanya pemutihan pajak kendaraan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019