Kemlu RI-AS adakan program Indonesia-USA7Oth Youth Ambassadors

id Indonesia-USA70th Youth Ambassadors ,peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Amerika Serikat,Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Do

Kemlu RI-AS adakan program Indonesia-USA7Oth Youth Ambassadors

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan menyampaikan sambutan dalam acara Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS di Kantin Diplomasi Kemenlu RI di Jakarta, Rabu (10/4/2019). (ANTARA/Yuni Arisandy)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri RI berkolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri AS mengadakan program bersama Indonesia-USA70th Youth Ambassadors dalam rangka memeriahkan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Kemenlu RI bersama dengan Kedutaan Besar AS di Jakarta mengadakan perayaan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Amerika Serikat, yang bertema "Kemitraan Strategis untuk Kesejahteraan dalam Kemajemukan", di Kantin Diplomasi Kemenlu RI di Jakarta, Rabu.

Program #IndonesiaUSA70th Youth Ambassadors itu mengikutsertakan 10 pemuda-pemudi Indonesia berusia 18-25 tahun dari berbagai latar belakang budaya untuk belajar lebih dalam tentang hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat.

"Saya sangat bangga bahwa kita bersama-sama meluncurkan program Indonesia-USA7Oth Youth Ambassadors," kata Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan.

Dubes Donovan menyebutkan bahwa program itu dibentuk dengan menggabungkan dua program terbaik kepemudaan kedua negara, yaitu program Outstanding Youth of the World dari Indonesia dan program International Visitors Leadership dari Amerika Serikat.

Melalui program Indonesia-USA7Oth Youth Ambassadors, para pemuda-pemudi dari Indonesia akan berada di AS untuk kunjungan tiga pekan dan menjalin hubungan dan berbaur dengan pemuda-pemudi AS.

Program tersebut akan memberi kesempatan untuk mempromosikan kemajemukan dan demokrasi, serta menyiapkan para peserta menjadi pemimpin masa depan yang akan memperkuat hubungan Indonesia dan AS.

Dubes AS meyakini program tersebut dapat meningkatkan hubungan antarmasyarakat (people-to-people contact) kedua negara.

"Sebagaimana para diplomat ketahui, saat orang menyebut istilah diplomasi, yang ada di bayangan mereka adalah pejabat pemerintah yang duduk mengelilingi meja, menegosiasikan bahasa dokumen, resolusi, dan perjanjian. Tapi yang kita tahu, diplomasi pada dasarnya adalah hubungan antarmasyarakat," ucap Donovan.

Untuk memeriahkan peringatan 70 tahun hubungan bilateral Rl-AS, telah direncanakan sejumlah kegiatan di Indonesia dan Amerika Serikat yang masing-masing akan dilakukan oleh Perwakilan RI di AS dan perwakilan AS di Indonesia.

Kegiatan di Indonesia dan AS akan dilaksanakan di beberapa kota melalui kerja sama dengan berbagai universitas dan pemerintah daerah. Seluruh kegiatan tersebut ditujukan untuk membangun dan menguatkan hubungan antar kedua negara, untuk lebih merangkul dan mendidik masyarakat, serta menguatkan pondasi kerja sama Rl-AS hingga generasi mendatang. 

 

Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar