Jakarta (ANTARA) - Warga negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah Victoria dan Tasmania di Australia antusias dalam menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang dilaksanakan pada Sabtu, 13 April 2019.

Pemungutan suara dilaksanakan serentak pada 22 tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) yang berada di area Konsulat Jenderal RI Melbourne, 72 Queens Road, Melbourne, menurut keterangan tertulis dari Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Melbourne yang diterima di Jakarta, Senin.

Pemungutan suara dalam rangka Pemilu 2019 bagi masyarakat Indonesia di wilayah Victoria dan Tasmania diselenggarakan oleh PPLN bersama dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN).

Antusiasme masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah Victoria untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan itu sangat tinggi, terlihat dari antrean panjang sejak pukul 08.00 pagi sebelum TPS dibuka pukul 09.00 waktu setempat (beda waktu 3 jam lebih cepat dari WIB).

Demi melayani hak pilih masyarakat Indonesia, khususnya yang masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK), PPLN Melbourne memperpanjang waktu pemungutan kurang lebih 40 menit sampai selesai antrean. Keputusan untuk memperpanjang waktu tersebut diambil Ketua PPLN Melbourne setelah berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

Tercatat lebih dari 8.000 WNI yang hadir secara langsung dan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 di KJRI Melbourne. Persentase pengguna hak pilih adalah 61 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang didominasi kurang lebih 56 persen WNI perempuan.

PPLN Melbourne menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Indonesia di wilayah Victoria dan Tasmania yang telah berpartisipasi dalam pesta demokrasi Pemilu 2019.

Apresiasi secara khusus disampaikan kepada para pemilih pemula yang antusias, bersemangat dan tertib dalam menggunakan hak pilihnya untuk pertama kali tahun ini. Kesadaran politik dan kedewasaan seluruh warga masyarakat Indonesia telah menjadi kebanggaan tersendiri bagi semua pihak yang ikut serta dalam Pemilu 2019 di Melbourne.

Penghitungan Suara akan dilaksanakan di tempat yang sama pada Rabu, 17 April 2019, pukul 16.00 waktu setempat. Bagi masyarakat dan media yang ingin menyaksikan, atas kesepakatan dengan Tim Keamanan Pemilu KJRI Melbourne dimohon menunjukkan paspor bagi WNI, dan surat ijin meliput untuk media.

Baca juga: Semarak pesta demokrasi Indonesia terasa hingga Afrika

Baca juga: PPLN Fiji jemput ABK di tengah laut agar salurkan hak pilih

Baca juga: Pemungutan suara di Los Angeles berlangsung hingga dini hari

 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Azizah Fitriyanti
Copyright © ANTARA 2019