Trump: Kesepakatan dagang China harus lebih condong ke AS

id Pembicaraan dagang,China AS

Trump: Kesepakatan dagang China harus lebih condong ke AS

Perdana Menteri China Liu He mengangkat tangan saat disapa Perwakilan Dagang Amerika Serikat (AS) Robert Lighthizer di luar kantor Perwakilan Dagang AS di hari kedua pembicaraan perdagangan terakhir di Washington, Amerika Serikat, Jumat (10/5/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Clodagh Kilcoyne/djo/pd

Washington (ANTARA) - Presiden Donald Trump pada Senin mengatakan bahwa pembicaraan dagang dengan China sedang berlangsung dan setiap kesepakatan harus lebih condong ke Amerika Serikat.

Trump dan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan di KTT G20 di Jepang pada Sabtu sepakat melanjutkan kembali pembicaraan dagang setelah putaran perundingan terakhir pada Mei kandas.

Pada Senin Trump mengatakan kepada wartawan bahwa perunding Amerika Serikat dan China sedang "banyak berkomunikasi melalui telepon. Namun, mereka juga bertemu. Pada intinya sudah dimulai."

"Saya rasa kami memiliki peluang yang bagus untuk mencapai kesepakatan," kata Trump.

Trump menuturkan ia berharap posisi perundingan China menjadi lebih dekat dengan Washington. Pembicaraan dagang pada Mei menemui jalan buntu setelah AS menuding China mundur dari janji reformasi.

Trump mengatakan China memiliki "keuntungan besar" atas Amerika Serikat dalam perdagangan "selama bertahun-tahun."

"Sehingga jelas Anda tidak dapat membuat kesepakatan 50:50. Itu harus menjadi kesepakatan yang lebih menguntungkan bagi kami," ujar Trump.

Baca juga: IGJ: Reformasi WTO ditengarai masih soal dominasi AS lawan China
Baca juga: Tanda tanya kelanjutan perang dagang usai pertemuan Trump-Jinping
Baca juga: Berharap AS-China tekan risiko perang dagang di perekonomian global


Sumber: Reuters

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar