Panglima TNI lantik 169 Perwira Prajurit Karier TNI

id Panglima TNI, Hadi Tjahjanto, melantik, 169 perwira, Prajurit Karier, Magelang

Panglima TNI lantik 169 Perwira Prajurit Karier TNI

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto tengah menyematkan tanda pangkat kepada salah satu perwira Prajurit Karier, di Lapangan Sapta Marga Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Kamis (11/7/2019). (Puspen TNI)

Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melantik dan mengambil sumpah 169 Perwira Prajurit Karier (Pa PK) TNI pada Upacara Prasetya Perwira Tahun 2019 di Lapangan Sapta Marga Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Kamis.

Perwira Prajurit Karier TNI merupakan Perwira yang bersumber dari Sarjana dan Diploma yang direkrut untuk menjadi prajurit TNI.

Baca juga: Presiden ingatkan perwira mengabdi kepada negara

Baca juga: Presiden minta TNI - Polisi peduli suara kritis rakyat

Baca juga: Presiden: Terorisme dan radikalisme masih menjadi tantangan serius


Sebanyak 169 Pa PK TNI yang diambil sumpahnya tersebut terdiri dari TNI AD 81 personel (64 pria dan 17 wanita), TNI AL 40 personel (31 pria dan 9 wanita) dan TNI AU 48 personel (46 pria dan 2 wanita).

Pada Upacara Prasetya Perwira tahun 2019, Lulusan terbaik pria memperoleh anugerah Trisura Jalu Wiratama sedangkan untuk wanita memperoleh anugerah Trisura Wanodya Wiratama. Lulusan terbaik pria diraih oleh Letda Ctp zulhan effendi, Letda Adm Zulfan. Sedangkan lulusan terbaik dari wanita diraih oleh matra laut atas nama Letda Laut (K/W) drg Frida Fardanila Asmoro.

Panglima TNI mengingatkan kepada perwira Prajurit Karier untuk memacu diri dan menunjukkan kerja nyata dalam kedinasan keprajuritan.

Baca juga: Istana jelaskan anggota TNI terlibat radikalisme dapat dipecat

Baca juga: TNI-AD koordinasi dengan Kemhan terkait prajurit terpapar radikalisme


"Saya perintahkan para perwira untuk tidak berhenti membina diri. Gunakan kesempatan yang ada, termasuk pendidikan lanjutan nantinya, untuk meningkatkan kemampuan dan memperkuat wawasan. Jadikan kode etik Perwira Budhi Bhakti Wira Utama, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, serta Delapan Wajib TNI sebagai pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas, dimanapun kalian ditugaskan," kata Marsekal Hadi.

Prasetya Perwira (Praspa) yang diikrarkan pada upacara hari ini adalah komitmen awal para Perwira sekalian untuk memasuki ruang pengabdian kepada TNI, bangsa dan negara, yang harus dilakukan dengan sikap ksatria yang loyal penuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny Nanny Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman, Irjen TNI, Komandan Kodiklat TNI AD, Komandan Kodiklat TNI, Pangdam IV/Diponegoro, Gubernur Akmil, Kapolda Jawa Tengah, dan segenap pejabat TNI serta keluarga besar para Perwira yang baru dilantik.

Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar