Ujian SIMAK UI 2019 dilaksanakan di sekolah dan universitas di DKI Jakarta (lima wilayah kota), Depok, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, Bogor, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, dan Makassar.
Depok (ANTARA) - Program pendidikan Vokasi untuk Program Studi (Prodi) Komunikasi menjadi program studi yang paling banyak dipilih yaitu sebanyak 1.815 pendaftar pada Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) 2019.

"Untuk Program S1 Reguler, Prodi Ilmu Hukum dipilih oleh sebanyak 6.302 pendaftar dan menjadi prodi terbanyak dipilih," kata Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti, di kampus UI Depok, Senin.

Ia mengatakan dalam upaya pemerataan kesempatan belajar di UI, SIMAK UI dilaksanakan secara serentak di beberapa kota di Indonesia sehingga siswa atau siapa pun yang ingin masuk UI dapat mengikuti seleksi di kota terdekat tanpa harus datang ke Kampus UI Depok.

Adapun pelaksanaan ujian SIMAK UI 2019 dilaksanakan di sekolah dan universitas yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, yakni DKI Jakarta (lima wilayah kota), Depok, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, Bogor, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, dan Makassar.

SIMAK UI adalah program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan oleh UI untuk semua program pendidikan dari jenjang Vokasi (Diploma 3), Sarjana (S1) Kelas Reguler, Paralel, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana Kelas Ekstensi/Paralel bagi lulusan D3, Profesi, Magister, Spesialis, dan Doktoral (S3).

Baca juga: Panitia penjaringan rektor UI jemput bola cari figur kapabel

Melalui SIMAK UI, para calon mahasiswa program Vokasi dan Sarjana diperkenankan memilih lebih dari satu hingga maksimal enam program studi dengan sekali pendaftaran dan ujian.

Materi seleksi SIMAK UI pada jenjang Diploma Tiga dan Sarjana adalah Menulis Esai (mengukur motivasi dan kemampuan softskill) dan Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua Jurusan ditambah dengan Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia (Kemampuan IPA) atau Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi (Kemampuan IPS).

Sedangkan materi seleksi SIMAK UI Kelas Internasional adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science) untuk pemilih program studi IPA dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, Sociology (Social Science) untuk pemilih program studi IPS, di samping syarat TOEFL/IELTS dan wawancara bagi prodi tertentu.

Adapun materi seleksi program pascasarjana dan profesi adalah Pengukuran Kemampuan Akademik/PEKA (umum dikenal sebagai TPA) dan Bahasa Inggris.

Sebelumnya, pada Minggu (14/7) telah dilaksanakan Ujian SIMAK UI S1 Kelas Internasional di Kampus UI Depok dan pada Minggu (21/7) juga telah dilaksanakan ujian SIMAK UI.

SIMAK UI 2019 merupakan penyelenggaraan yang kesebelas sejak pertama kali dilaksanakan pada 2009. Hasil ujian SIMAK UI 2019 untuk S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi akan diumumkan pada 31 Juli 2019 secara online melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id.

Baca juga: UI ajak seluruh anak bangsa berpartisipasi pemilihan rektor

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019