Makassar (Antaranews Sulsel) - Menyambut Ramadhan 1439 Hijirah tahun 2018 Telkomsel area Papua Maluku Kalimantan dan Sulawesi (Pamasuka) menyalurkan bantuan sebanyak 5,5 ton kurma untuk dimanfaatkan sebagai takjil berbuka puasa.

"Kami berharap bantuan kurma ini dapat memberikan manfaat, terutama bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa," kata Executive Vice President Telkomsel area Pamasuka Ronny Arnaz di masjid Almarkaz AL Islami Jenderal Yusuf Makassar Sulawesi Selatan, Selasa.

Menurutnya, sejak 2013, Telkomsel telah menyerahkan bantuan kurma dengan jumlah yang disesuaikan dengan usia Telkomsel. Tahun ini, jumlah bantuan disalurkan seluruh Indonesia sebanyak 23 ton kurma disesuaikan dengan usia Telkomsel kini 23 tahuh jatuh pada Mei.

"Doakan Telkomsel bisa bertahan sampai usia 100 tahun, sehingga bantuan kurmanya bisa sampai 100 ton," ujar Arnaz berkelakar di masjid tersebut.

Dari 23 ton kurma yang dibagikan, untuk area Pamasuka mendapatkan alokasi 5,5 ton kurma dibagikan ke limah wilayah Pamasuka seperti tiga ton Kurma di Masjid Al Markas Al Islami Jenderal Yusuf, yang selanjutnya dibagikan kepada sejumlah masjid di Makassar

Kemudian satu ton kurma diberikan di Masjid Al Munawar Ternate, 500 ribu kilogram aau setengah ton kurma di Masjid At Taqwa Balikpapan, setengah ton Kurma di Masjid Babussalam dan setengah ton kurma di Masjid Agung Nurul Yaqun Waisai, Raja Ampat Sorong, Papua Barat.

Paket kurma untuk wilayah Makassar dibagikan 200 masjid dan diterima perwakilan pengurus masjid setempat masing-masing mendapatkan 10-30 kilogram kurma untuk dikonsumsi sebagai takjil selama ramadhan. Selain di Makassar paket kurma juga didistribusikan ke beberapa masjid besar di Kota Parepare, Kabupaten Maros, Gowa dan Bone.

Sebanyak 23 ton kurma dibagikan kepada 15 masjid besar di Indonesia seperti Masjid Raya Baiturrahman Aceh, Masjid Al Mashun Medan, Masjid Raya Padang, Masjid Istiqlal Jakarta, Masjid At Taqwa Cirebon, Masjid Agung Jawa Tengah Semarang, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

Selanjutnya, Masjid Agung Bangkalan Madura, Masjid At Taqwa Mataram, Masjid At Taqwa Balikpapan, Masjid Al Markas Al Islami Makassar, Masjid Al Munawar Ternate, Masjid Agung Nurul Yaqin Waisai Raja Ampat, Masjid Agung Babussalam Timika, dan satu masjid di wilayah Jabotabek dan Jawa Barat.

Sementara pengurus masjid Al Markaz Al Islami Jendral Yusuf, Abdul Rahman Genteng menyatakan tahun ini merupakan kelima kalinya menerima bantuan kurma yang diberikan telkomsel. Pihaknya berterima kasih atas pemberian takjil kurma tersebut untuk dimanfaatkan jamaah saat berbuka.

"Kami berterima kasih kepada Telkomsel telah memberikan bantuan takjil kurma ini, mudah-mudahan program ini terus berkelanjutan dan kita mendoakan Telkomsel agar terus bisa memberikan manfaat bagi umat sekaligus mendapatkan pahala," kata Amir masjid setempat.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024