Makassar (Antaranews Sulsel) - Sebanyak dua program studi, masing-masing Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia meraih akreditasi A sekaligus sebagai berkah Ramadhan tahun ini.

"Alhamdulillah baru saja saya menerima telepon dan mendapatkan kabar gembira Progam Studi Sarjana Kedokteran dan Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran UMI meraih akreditasi A," kata Rektor UMI Prof Dr Hajah Masrurah Mokhtar, MA di Makassar, Senin.

Ketua Umum Asosiasi Dosen Indonesia itu mengaku menerima telepon dari Dekan Fakultas Kedokteran UMI Prof Dr dr Syarifuddin bersama Wakil Rektor I UMI Prof Dr Syahnur Said Md yang tengah berada di Gorontalo.

Ia menjelaskan perolehan akreditasi A kedua program studi Fakultas Kedokteran UMI menambah jumlah akreditasi program studi di UMI dari 15 menjadi 17 program studi terakreditasi A.

"Perolehan akreditasi A masing-masing Program Studi Sarjana Kedokteran dan Program Studi Profesi Dokter juga pertama PTS di luar Pulau Jawa," ujar Masrurah.

Menurut dia, perolehan akreditasi kedua program studi tersebut menunjukkan bahwa Fakultas Kedokteran UMI sebagai fakultas yang unggul, bermutu, dan berkualitas.

Perolehan akreditasi tertinggi itu sebagai tolak ukur bermutunya suatu institusi dan program studi dilakukan dengan proses yang luar biasa.

Tentu saja, katanya, raihan prestasi yang membanggakan itu tidak terlepas dari peran seluruh civitas akademika Fakultas Kedokteran dan doa civitas akademika UMI.

"Bagi saya berita ini merupakan kado istimewa saya di akhir periode kedua saya menjabat Rektor UMI," sebut dia.

Ia mengatakan perolehan prestasi terbaik itu tentu membuat semua pihak di UMI berbangga.

Namun, katanya, hal yang lebih penting adalah upaya ke depan untuk mempertahankan predikat yang ada dengan berbagai program pengembangan yang berkualitas.

Wakil Rektor I UMI Prof. Dr H Syahnur Said MS mengatakan dengan predikat terbaik itu memberi peluang untuk menerima kouta calon mahasiswa baru kedua program studi tersebut bertambah.

Perolehan akreditasi A kedua program studi tersebut tertuang dalan Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Perkumpulan LAM PTKes) Nomor 0319/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2018 tentang status nilai dan akreditasi A bagi program studi sarjana kedokteran dan SK Nomor 320/ LAM- PTKes/Akr/Sar/V/2018 tentang status nilai akreditasi A bagi program studi profesi Dokter Fakultas Kedokteran UMI.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024