Makassar (Antaranews Sulsel) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Maros menargetkan satu kursi tiap daerah pemilihan (dapil) pada Pemilu Legislatif 2019.

"Hari ini kami membuka pendaftaran sampai 4 Juli 2018. Targetnya satu kursi satu dapil dan di Maros ada lima dapil," kata Ketua DPC Partai Demokrat Maros, Amirullah Nur, di Makassar, Senin malam.

Target tersebut, kata dia lagi, tidak muluk-muluk dan hal ini telah sesuai dengan hasil Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Sulsel serta petunjuk dari keputusan rapat untuk memenangkan Demokrat pada setiap kabupaten kota serta provinsi di Sulsel.

Mengenai persyaratan usia bakal caleg, ujar dia, umur minimal 21 tahun ke atas, mengingat usia tersebut dianggap matang serta dewasa dalam menjalankan amanah rakyat ketika terpilih nantinya.

Selain itu, Kabupaten Maros telah dimekarkan menjadi sembilan kecamatan yang terbagi dalam 21 kelurahan, sehingga dapil ikut berubah menjadi lima dapil.

Ada dua tambahan dapil, dari awalnya Dapil IV terdiri dari Moncongloe, Tanralili, Tompobulu, Mandai, dan Marusu kini berubah yakni Dapil IV yaitu Moncongloe, Tompobulu dan Tanranlili, serta Dapil lima Marusu dan Mandai.

Mengenai jumlah bakal caleg dari partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono, menurut Amirullah, sebanyak 35 orang termasuk 30 persen kuota perempuan sesuai dengan persyaratan.

"Semua kami akomodir, kader partai, pengusaha, tokoh masyarakat, pemuda, hingga PNS yang harus mundur. Partai Demokrat adalah partai terbuka dan tentu tanpa mahar pendaftaran," ujar dia lagi.

Kendati jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Maros sebanyak 238.860 pemilih, dirinya tetap optimistis bisa meraih lima kursi pada Pileg 2019 nanti.

Sebelumnya, Partai Demokrat Sulsel secara resmi membuka pendaftaran bagi bakal caleg yang akan berkiprah di parlemen. Ketua DPD I Demokrat Sulsel Ni`matulah Arbe pada Rakornis Minggu (3/6), di Hotel Clarion mengatakan pihaknya mulai melakukan proses penjaringan bakal caleg mulai 4 Juni 2018.

Ni`matullah pada kesempatan itu memberikan instruksi kepada seluruh pengurus DPD provinsi dan DPC kabupaten kota, agar bersiap melakukan proses tahapan penjaringan, dengan cara memasang spanduk secara serentak dan mengumumkannya secara terbuka kepada publik.

"Sesuai target Demokrat Sulsel harus menang dan bisa memenangkan Pemilu 2019 nanti. Semua DPC segera membuka pendaftaran dengan melaksanakan penjaringan bakal caleg yang berkualitas," katanya pula.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024