Makassar (Antaranews Sulsel) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan menurunkan 3.000 personel guna mengamankan pelaksanaan kampanye akbar Pilkada Gubernur Sulsel yang mulai berlangsung Rabu 20 Juni 2018.

"Personel ini terdiri dari 1.500 anggota dari Polda Sulsel, dan diback up 1.500 personel dari Polrestabes Makassar untuk mengamankan kampanye akbar. Mereka dipersenjatakan lengkap sebagai langkah antisipasi," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dick Sondani di Makassar, Selasa.

Personel tersebut yang diturunkan, kata dia, Brimob kemudian Satuan Sabhara dan dilengkapi anjing pelacak serta water cannon sebagai antisipasi keamanan dan ketertiban yang rentan seperti aksi provokasi, teror, penganiayaan hingga lemparan baru terjadi selama proses kampanye akbar berlangsung, apalagi di ruang terbuka

Selain itu, pengamanan ini sesuai koordinasi serta kerja sama antara pihak penyelenggara dalam hal ini KPU Sulsel dan Bawaslu Sulsel termasuk para calon gubernur dan wakil gubernurnya.

"Pergerakan semua dipantau mulai pendukung hingga calon dari berangkat lokasi kampanye sampai meninggalkan lokasi kampanye. Jangan sampai ada gesekan antara pendung Y dengan X, ini yang diantisipasi," tambahnya.

Berdasarkan jadwal kampanye akbar yang dilaksanakan di Kota Makassar, pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dimulai pada nomor urut 2 yakni Agus Arifin Nu`mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) yang diusung tiga parpol ini yakni PPP, Gerindra dan PBB.

Kampanye akbar rencananya digelar di Lapangan Karebosi pada Rabu, 20 Juni 2018 dan di hadiri Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto beserta sejumlah elit partai pendukung. Kampanye ini juga dimeriahkan Armada Band dan Siti Badriah untuk menghibur massa pendukung.

Sementara pada Kamis, 21 Juni, giliran pasangan calon nomor urut 1, Nurdin Halid-Aziz Kahar Mudzakkar juga dijadwalkan menggelar kampanye akbar di lapangan Karebosi.

Sejumlah elit pengurus partai pendukung seperti Golkar, NasDem, Hanura, PKB dan PKPI dikabarkan hadir. Sedangkan kampanye itu akan dimeriahkan Inul Daratista, Nassar, Selfi Lida, Nita Thalia, dan Irma Darmawangsa.

Untuk pasangan calon nomor urut 4, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) dijadwalkan menggelar kampanye akbar pamungkasnya pada Jumat, 22 Juni juga di lapangan Karebosi, Kota Makassar.

Sedangkan pasangan calon nomor urut 3, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-Ass) lebih memilih menggunakan kampanye akbar melalui konsep halal bihalal serta tabligh akbar pada Sabtu 23 Juni 2018 di Makassar, mengingat mementum lebaran masih terasa.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024