Makassar (Antaranews Sulsel) - Pihak PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan memprediksi puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah akan terjadi pada H+5 atau pada Rabu malam (20/6).

"Puncak arus balik itu pada H+5 lebaran karena sesuai dengan jadwal libur nasional itu akan berakhir pada hari ini," ujar Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar Turah Ajiari, di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan puncak arus balik dari tahun ke tahun memang selalu terjadi di akhir masa liburan karena banyak warga yang akan beraktivitas secara normal kembali setelah libur bersama lebaran.

Menurut dia, saat puncak jumlah penumpang yang menggunakan angkutan udara di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar lebih dari 3-40 ribu orang.

"Rata-rata perhari penumpang itu berada di angka 30 ribuan dan puncak arus balik maupun arus mudik juga itu di atas angka 40 ribuan orang," katanya.

Turah menjelaskan, sejauh ini arus mudik yang ada di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti.

"Semoga sampai selesainya arus balik ini semuanya aman-aman dan seterusnya. Kami bersama petugas keamanan selalu bekerja maksimal memberikan pelayanan terbaik kepada warga," ucapnya.

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar adalah bandara dengan urutan keempat di Indonesia yang memiliki runway terpanjang yakni 3.100 meter.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024