Makassar (Antaranews Sulsel) - Pelari asal Sulawesi Selatan, Syamsuddin Massa, akhirnya bergabung dalam program pemusatan latihan nasional (pelatnas) menjelang pelaksanaan Asian Games di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Pelatih atletik Sulsel Abdul Kadir di Makassar, Minggu, mengatakan atlet kelahiran Kabupaten Jeneponto, Sulsel itu sudah bergabung bersama atlet lain sejak dua pekan lalu.

"Alhamdulillah, atlet andalan kami sudah berangkat dan kini telah bergabung dengan atlet lain dari berbagai daerah," katanya.

Kabar peraih emas kejurnas senior junior 2018 di Jakarta itu akan bergabung dengan Timnas Asian Games memang sudah didapatkan oleh tim pelatih di Makassar sejak dua bulan lalu.

Namun, kapan pemanggilan bergabung ataukah agenda itu justru batal, membuat Syamsuddin Massa harus bersabar lebih lama sebelum akhirnya pemanggilan itu datang.

"Saya beberapa bulan lalu sudah menerima salinan adanya usulan pergantian komposisi atlet di pelatnas karena adanya penurunan kualitas dan disiplin dari atlet yang berada di pelatnas. Alhamdulillah, kini Syamsuddin Massa sudah bergabung," ujarnya.

Sebelumnya, dia mengaku telah menerima salinan usulan itu karena kebetulan salah satu atletnya menjadi kandidat mengisi posisi pemain yang dipulangkan.

"Jadi ada usulan dari pelatih timnas, dimana empat atlet sebelumnya diminta digantikan dengan atlet baru karena perkembangan kemampuan mereka yang terus mengalami penurunan," kata dia.

Empat atlet pelatnas yang diusulkan dipulangkan atau diganti itu masing-masing M Topan Ferdian, M Hafis, Aprilia Kartina (Sumatera Barat) serta Kezia Natalia Hattu dari Maluku.

M Topan Ferdian sebelumnya dipanggil mengikuti pelatnas untuk nomor lari 1.500 meter putra, M Hafis di nomor 800 meter putra, Aprilia Kartina (nomor lari 5.000 meter putri) serta Kezia Natalia Hattu dinomor 800 meter putri.

Sementara untuk empat atlet yang disiapkan mengisi posisi mereka masing-masing Syamsuddin Massa (Sulsel), Diket Ariandas (Sumatera Selatan), Agustina M Manik (Sumatera Utara), dan Triani Pamungkas dari Jawa Timur.

Untuk Syamsuddin Massa dipersiapkan mengisi nomor 5.000 meter, Diket Ariandas untuk nomor 1.500 meter, Agustina dan Triyani Pamungkas pada nomor lari 800 meter. 

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024