Makassar (Antaranews Sulsel) - Pangkalan TNI Angkatan Laut VI mendukung program Kementerian Kelautan dan Perikanan, yakni Gerakan Bersih Pantai dan Laut dengan mengerahkan personelnya serta peralatan, seperti perahu.

"Kegiatan ini dasarnya adalah dari gagasan program kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan pusat, yaitu Ibu Menteri Susi Pudjiastuti. Oleh karena itu, kami akan dukung sepenuhnya demi tercapainya program itu," ujar Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan program Gerakan Bersih Pantai dan Laut di wilayah Sulawesi Selatan, khususnya di Makassar, penyelenggaraannya oleh Balai Besar Karantina Ikan Penggendalaian Mutu (BBKIPM) Makassar sebagai perpanjangan tangan dari KKP.

Ia menyatakan siap menyukseskan program yang dicetuskan oleh Menteri Susi Pudjiastuti tersebut sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat maupun nelayan agar bisa menjaga kebersihan pantai.

"Saya menerima langsung kunjungan dari Ibu Kepala Balai BKIPM Makassar Sitti Chadijah dan kedatangan mereka untuk meminta dukungan dari kami. Setelah mendengar penjelasan itu, kami pun langsung menyatakan kesiapan untuk mendukung program itu secara penuh," katanya.

Dia menyatakan program dari KKP itu akan memberikan contoh kepada masyarakat Makassar tentang pentingnya menjaga kebersihan di sektor wilayah pantai dan laut untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut.

Kepala Balai BKIPM Makassar Sitti Chadijah menyampaikan terima kasih atas dukungan Danlantamal VI atas partisipasinya dalam pelaksanaan Gerakan Bersih Pantai dan Laut.

Pihaknya berharap, kegiatan itu tidak hanya sekali akan tetapi bisa berkesinambungan agar masyarakat bisa menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan, utamanya wilayah pantai dan laut.

"Kegiatannya akan dilaksanakan tanggal 19 Agustus nanti dan kegiatan pembersihan akan dilaksanakan mulai dari lokasi sepanjang Pantai Losari dengan mengambil star di sekitar masjid terapung sampai dengan Dermaga Kayu Bangkuang Makassar dan akan melibatkan kurang lebih 1.500 personel yang terdiri dari Personel Lantamal VI, Unsur Maritim Kota Makassar, ormas, mahasiswa, pelajar, serta masyarakat umum," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024