Mamuju (Antaranews Sulsel) - Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar memberikan apresiasi kepada atlet dayung setempat yang berhasil meraih medali perak pada Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan.

"Kami selaku pemerintah provinsi sangat bangga dan mengapresiasi atas raihan medali perak tim perahu naga putri Indonesia yang salah satunya merupakan atlet asal Sulbar, yakni Ramlah Baharuddin," kata Ali Baal Masdar di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, tidak akan pernah berhenti memotivasi para atlet di Sulbar. Hasil medali perak ini juga menjadi motivasi untuk terus membina olahraga di Sulbar.

"Kami harus bisa membuktikan bahwa orang-orang Sulbar bisa berprestasi," tambahnya.

Gubernur mengatakan, apa yang telah diraih oleh Ramlah Baharuddin merupakan pencapaian luar biasa bagi atlet Sulbar.

 "Itu semua berkat kemauan keras dan jerih payah serta perjuangan dari atlet dan pelatih untuk terus menggodok dan melatih dengan disiplin untuk meraih target mereka," ujar Ali Baal Masdar.

Terkait pembinaan olahraga di Sulbar ke depannya, Gubernur menyampaikan, semua jenis olahraga harus mendapat perhatian.

"Namun ada beberapa yang setidaknya akan difokuskan dulu seperti? olahraga dayung, takraw, bulu tangkis, karate, renang dan taekwondo.

Untuk hadiah berupa pengangkatan PNS, kami akan perhatikan, tapi kembali lagi itu merupakan wewenang pemerintah pusat karena atlet juga akan tetap ikut seleksi. Kalau hadiah dari Menteri, kami akan tetap kawal agar diterima oleh atlet, kalau dari provinsi sendiri sementara kami godok di Bappeda," terang Ali Baal Masdar.

Ramlah Baharuddin yang tiba di Mamuju sejak Jumat (31/8), langsung disambut Kepala Dispora Sulbar Muhammad Hamzih serta para pengurus KONI di Bandara Tampa Padang Mamuju.

"Saya bangga bisa menyumbangkan medali untuk Indonesia. Apalagi saya satu-satunya atlet Sulbar yang ikut Asian Games ini dan mendapatkan medali perak dengan perjuangan yang luar biasa juga," katanya.

Kepada generasi muda agar terus berjuang sehingga Sulbar bisa melahirkan atlet-atlet yang berprestasi. Saya persembahkan medali saya ini untuk kedua orang tua, keluarga dan untuk masyarakat Sulbar," kata Ramlah.

Tim perahu naga putri Indonesia meraih medali perak Asian Games 2018 pada cabang olahraga dayung nomor kano traditional boat race (TBR) 200 meter yang digelar di Jakabaring Sport City, Palembang, Sabtu (25/8).

Tim perahu naga putri Indonesia itu mencatatkan waktu 56, 817 detik atau terpaut 0,656 detik dari tim putri China yang meraih medali emas dengan catatan 56,161 detik.

Posisi ketiga atau medali perunggu direbut oleh tim Unifikasi Korea.

Pewarta : Amirullah
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024