Baubau, Sultra (Antaranews Sulsel) - Hari Pelanggan Nasional kru Kapal Motor (KM) Dorolonda dan tim kreatif PT Pelni menghibur penumpang dengan menghadirkan pedangdut KDI Dinda Permata untuk bernyanyi bersama serta memberikan hadiah menarik sebagai bentuk kepedulian dan perhatian perusahaan memanjakan pelanggannya saat berada di tengah laut.

"Kehadiran kami disini hadir spesial untuk menghibur pelanggan. Kami berusaha meningkatkan pelayanan dan kepuasan serta kenyamanan bagi penumpang kapal," ujar VP Pemasaran Angkutan Penumpang dan Perintis PT Pelni, Kapten Sukendra di room restoran kapal saat perjalanan menuju Bau-bau, Sulawesi Tenggara, Selasa.
  Pedangdut KDI Adinda Permata (tengah) berjoget bersama kru KM Dorolonda beserta tim PT Pelni dan penumpang di room restoran Kapal disela pelaksanaa Hari Pelanggan Nasional saat berlayar dari Makassar ke Bau-bau, Sultra, Selasa (4/9). (Foto ANTARA/Darwin Fatir/18)

Dirinya meminta agar penumpang memberikan sumbangan saran agar PT Pelni terus melakukan inovasi dan perubahan dalam melayani pelanggannya yang menggunakan transportasi laut.

"Kalau bisa penumpang memberikan masukan dan saran kepada kami untuk bisa lebih berbenah lagi. Meskipun kami mengetahui masih banyak hal-hal yang perlu dibenahi," paparnya.

Dirinya menyampaikan, meskipun untuk fasilitas makanan bagi penumpang masih belum memuaskan, namun pihaknya tetap berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya.

``Memang untuk fasilitas makanan di kapal tentu belum sepenuhnya memenuhi standar karena jatah yang diberikan Rp38 ribu per orang tiga kali makan. Kami sudah mengusulkan Rp60 ribu per orang namun belum disetujui pemerintah," beber dia.

Menurutnya, PT Pelni Persero merupakan salah satu ?perusahan negara yang masih mendapatkan subsidi pemerintah. Kendati demikian di Hari Pelanggan Nasional ini pihaknya tetap menerima masukan dari pelanggan sebagai upaya mendengarkan aspirasi pelanggan termasuk masalah fasilitas makanan dan kamar mandi, dan toilet.

Kepala Kesekretariatan Perusahan Pelni, Ridwan Mandaliko pada kesempatan itu mengatakan, peringatan Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas tersebut sebagai bagian dari sinergi perusahaan dengan mitranya. Tidak hanya di KM Dorolonda, di 26 kapal Pelni lain juga tetap diberikan pelayanan maksimal kepada penumpangnya.

 "Kami laksanakan serentak se Indonesia di Kapal Pelni. Hanya saja untuk pelaksanaan kegiatan seremoni di KM Dorolonda dari Makassar tujuan Bau-bau. Sengaja pelayaran ini kami spesialkan bertepatan dengan Harpelnas," tuturnya.

Untuk Harpelnas tahun ini, Pelni mengangkat tema #Bahagia Pelangganku, #Senyum Sepanjang Lautan. Tema ini sekaligus menjadi tagar yang disematkan di media sosial Pelni.

Saat ini PT Pelni Persero mengoperasikan 26 kapal reguler yang menyinggahi lebih dari 90 pelabuhan dan 51 kapal perintis yang melayani wilayah terpencil dan memiliki keterbatasan akses transportasi.

Dibidang logistik, Pelni ditugasi pemerintah untuk menjalankan lima unit Kapal Tol Laut dengan spesifikasi angkutan kontainer dan dua kapal khusus mengangkut ternak.

Kapten KM Dorolonda Adi Wibawa dalam kesempatan itu menyatakan, pada 2014 Kapal-kapal Pelni sudah berbenah dengan memperbaiki seluruh fasilitas termasuk kamar mandi dan penyajian makanan bagi para penumpang.

"Kapal Pelni sekarang ini sudah bersih, sehat dan nyaman. Untuk makanan kita sudah mulai memperbaiki kualitasnya dengan menambah suplemen, biskuit dan air mineral, semuanya higienis" ucapnya kepada wartawan disela acara.

Sedangkan fasilitas kamar mandi serta toilet bagi penumpang telah dibenahi secara baik, semua yang tersumbat dan berkarat telah dibongkar dan perbaiki secara layak, tidak lagi seperti dulu. Ini dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan bagi penumpang kapal.

Untuk fasilitas di Pelabuhan pun telah di benahi secara maksimal, bahkan sejak dua tahun terakhir keluhan terus berkurang termasuk calo-calo tidak diberikan ruang, begitupun pembelian tiket kapal bisa diperoleh melalui online hingga di mini market.

"Harapan kami di Hari Pelanggan Nasional ini terus meningkatkan kualitas, kenyamanan, keamanan dan standar pelayanan bagi penumpang. Meski usia kapal cukup berumur tapi pelayanan serta fasilitasnya terus diperbaiki juga ditingkatkan," tambah sang kapten.

Salah seorang penumpang kapal Fitriani menuturkan, sejak SMP dirinya bersama keluarga tetap setia menggunakan jasa layanan kapal Pelni. Selain murah, saat ini pelayanan juga ditingkatkan lebih aman dan nyaman.

  Suasana sejumlah penumpang di room restoran bersiap mengikuti pelaksanaan Hari Pelanggan Nasional saat berlayar dari pelabuhan Makassar menuju Baubau, Sultra, Selasa. (Foto ANTARA/Darwin Fatir/18).
"Kapal Pelni sekarang ini sudah lebih baik dari sebelumnya, bersih, nyaman dan aman. Tapi Untuk fasilitas toilet memang masih perlu dibenahi sedikit lagi, tapi sudah bagus dari pada yang dulu," tuturnya.
  VP Pemasaran Angkutan Penumpang dan Perintis PT Pelni, Kapten Sukendra (kanan), Kepala Kesekretariatan Perusahan Pelni, Ridwan Mandaliko (kiri) dan Kapten KM Dorolonda, Adi Wibawa (dua kiri) berfoto bersama saat berbincang dengan penumpang di room restoran kapal yang berlayar menuju Baubau, Sultra, Selasa (4/9). (Foto ANTARA/Darwin Fatir/18)

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024