Jakarta (Antaranews Sulsel) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berharap pencapaian atlet di Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang dapat menjadi inspirator bagi atlet muda di daerah itu untuk terus meningkatkan kemampuannya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel Sri Endang Sukarsih di Makassar, Kamis, mengatakan jumlah atlet Sulsel yang berlaga di Asian Games 2018 itu sebanyak 19 orang namun sebagian besarnya mampu merebut medali di sejumlah cabang olahraga.

"Kita hanya mengirim sebanyak 19 orang atlet dan diantaranya sukses menyumbangkan medali termasuk emas. Tentu kita harapkan bisa membuat atlet kita lebih termotivasi (ikut jejak senior)," katanya.

Ia menjelaskan, para atlet muda Sulsel bisa memulai perjuangannya untuk dapat mengharumkan nama bangsa dan negara seperti yang telah ditorehkan beberapa atlet senior Sulsel pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) dan Pekan Paralimpik Pelajar Daerah (Peparpeda) yang tengah berlangsung di Makassar pada 4-8 September 2018.

Ratusan pelajar dari 24 kabupaten/kota di Sulsel itu diharapkan bisa terus konsisten dalam meningkatkan kemampuannya hingga pada akhirnya bisa ikut bergabung dalam timnas Indonesia di berbagai kejuaraan internasional.

"Harapan kami melalui pembinaan yang berkesinambungan termasuk dengan pelaksanaan Popda dan Peparpeda, akan melahirkan banyak atlet baru potensial yang nanti bisa menjadi andalan Sulsel di ajang nasional hingga internasional kedepan," ujarnya.

Adapun daftar atlet Sulsel yang mampu menyumbangkan medali bagi timnas Indonesia di Asian Games 2018 yakni:

1. Muh Hardiansyah Muliang yakni 1 emas, 1 perak, 2 perunggu (sepak takraw)

2. Nofrisal yakni 1 emas, 1 perak , 2 perunggu (sepak takraw)

3. Anwar Tarra yakni 1 perak, 1 perunggu (Kano/Kayak Sprint)

4. Syahrul Saputra yakni 1 perak, 1 perunggu (Kano/Kayak Sprint)

5. Sulfianto yakni 1 perak (rowing dayung)

6. Andi Tri Sandi Saputra yakni 1 perunggu (sepak takraw).

7. Kusnelia yakni perunggu dari sepak takraw.
 

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024