Makassar (Antaranews Sulsel) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengkaji pemanfaatan aset yang tidak difungsikan agar dapat digunakan untuk mendukung sektor pendidikan di daerah itu.

"Saya lagi kaji, bagaimana supaya aset-aset yang selama ini tidak digunakan, bisa difungsikan untuk pendidikan," kata Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, usai menjadi pembicara pada Basic Character and Study Skill (BCSS) Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi Tahun Akademik 2018/2019, yang digelar di Makassar, Selasa.

Beberapa rumah dinas Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak digunakan, misalnya, kata dia, dapat dimanfaatkan menjadi perpustakaan.

Ia mengaku belum mengetahui pasti berapa jumlah aset yang selama ini tidak difungsikan, namun ada beberapa rumah dinas yang ternyata tidak ditempati.

"Kalau tidak ditempati kan sayang, lebih baik dimanfaatkan," imbuhnya.

Ia menggambarkan, nantinya, bukan hanya perpustakaan biasa, tetapi akan dilengkapi sejumlah fasilitas, termasuk "coffee shop."

"Kita ingin agar semangat literasi ini tetap terjaga, jangan biarkan generasi kita malas membaca," harapnya.

Pengelolaan perpustakaan tersebut, rencananya juga akan dikerjasamakan dengan sebuah lembaga, termasuk untuk pengadaan buku-bukunya.?

"Insha Allah saya akan ketemu dalam waktu dekat dengan lembaga yang akan bekerja sama, mungkin dalam dua atau tiga hari ke depan," kata dia.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024