Makassar (Antaranews Sulsel) - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen Umar Septono optimistis Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019 akan berjalan lancar dan sukses di Sulsel.

"Tahun 2019 akan digelar pemilu presiden dan legislatif dan melihat antusiasme masyarakat yang ingin menyukseskannya, saya optimistis semuanya berjalan lancar dan sukses," ujar Irjen Umar Saptono, di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan Deklarasi Damai Pemilu 2019 yang digagasnya ini menghadirkan seluruh unsur forum komunikasi pimpinan daerah maupun pengurus partai politik.

Deklarasi damai yang digelar santai pada kegiatan mingguan car free day ini, di Jalan Penghibur Makassar diikuti oleh seluruh elemen masyarakat.

"Kita kemas santai di acara car free day. Semua lapisan masyarakat ada di sini dan mereka semua antusias ingin menyukseskannya," katanya lagi.

Deklarasi pilkada damai ini ditandai dengan pembacaan lima janji dan komitmen pemilu damai yang dibacakan oleh unsur penyelenggara pemilu dan parpol.

Selain itu, deklarasi ini juga ditandai dengan pelepasan burung merpati dan balon oleh Gubernur Sulsel dan Kapolda Sulsel.

Setelah itu, dilakukan penggalangan dukungan berupa tanda tangan di atas spanduk kepada 16 perwakilan partai masing masing dan disaksikan langsung oleh Ketua Bawaslu dan KPU Sulsel.

Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal yang hadir dalam deklarasi damai itu menyatakan kesiapannya untuk ikut menyukseskan Pemilu 2019.

"Saya sebagai pemerintah, juga dalam kapasitas sebagai orang politik sangat mendukung penuh demi tercipta pilkada damai," ujarnya

Pilkada Serentak 2018, kata dia, bisa berhasil karena proses koordinasi yang baik dan intens antara pihak kepolisian, TNI, BIN dan juga kelompok kelompok masyarakat lainnya sehingga Pilkada Serentak 2018 berlangsung tanpa ada permasalahan sedikit pun.

Menurutnya, jika hal tersebut bisa kembali dilakukan dengan baik maka potensi-potensi masalah yang akan terjadi di Kota Makassar dan Sulawesi Selatan bisa terindentifikasi sejak dini.

Dia meminta kepada semua pihak terkait untuk ikut mengambil peran dalam menyukseskan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

"Saya harap Pemilu 2019 mendatang ini bisa berlangsung aman, damai dan sejuk seperti Pilkada Serentak 2018 kemarin," ujarnya lagi.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024