Makassar (Antaranews Sulsel) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) meraih penghargaan di bidang irigasi yaitu sebagai salah satu dari 10 Provinsi terbaik Penyelenggara Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Tahun 2017 tingkat nasional.
     
"Penghargaan ini merupakan apresiasi pemerintah pusat terhadap Pemprov Sulsel, yang menaruh perhatian besar terhadap operasi dan pemeliharaan  irigasi sehingga dapat berfungsi optimal sepanjang tahun," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang Andi Darmawan Bintang yang dihubungi dari Makassar, Rabu.
   
Penghargaan tersebut, kata Andi Darmawan, diberikan oleh Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU).
     
Adapun indikator penghargaan tersebut, jelasnya, meliputi ketersediaan aturan yang dibuat oleh pemerintah daerah, kelembagaan, penyediaan anggaran, kecukupan sumber daya manusia (SDM), indeks pertanaman dan kondisi jaringan irigasi yang ada pada kewenangan provinsi.
     
Pihaknya, ujarnya, terus berkomitmen meningkatkan keandalan infrastruktur irigasi di Sulsel serta memperluas jangkauan pelayanan agar kesejahteraan petani dapat terus meningkat.
   
"Kami juga berupaya agar kontribusi sulsel dalam penyediaan pangan nasional dapat dipertahankan dan ditingkatkan" kata Andi Darmawan.
     
Piagam penghargaan tersebut diserahkan, ucapnya, telah diserahkan oleh Pelaksana tugas Dirjen Bina Pembangunan Daerah Diah Indrajati pada acara Pembukaan Konsultasi Regional Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Wilayah Barat di Padang, Sumatera Barat, Selasa malam (18/9).
     
Provinsi yang mendapatkan penghargaan selain Sulsel diantaranya adalah Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Jogyakarta, Lampung, Bali, Sulteng, Gorontalo dan Sumatera Barat. Sedangkan Kabupaten Sinjai merupakan salah satu kabupaten yang meraih penghargaan tersebut dari Sulsel.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024