Pinrang (Antaranews Sulsel)- Panitia penyelenggara menyiapkan layanan doping untuk memeriksa kondisi para pemenang pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, 23-30 September 2018.

Ketua Panitia Penyelenggara Porda 2018, Islamuddin di Pinrang, Sabtu, mengatakan pemeriksaan penggunaan doping bagi bagi atlet pemenang akan dilakukan sesuai peraturan World anti-doping Code dari World Anti Doping Agency (WADA).

Pengambilan doping dilakukan secara terbatas dengan metode pengambilan secara acak (random) dan pengujian target (target testing)," ujar sesuai buku panduan Porda yang telah ditandatangani.

Untuk tata cara dan mekanisme pengambilan doping akan diatur dalam buka pedoman teknis pertandingan.

Selain itu, pihak panitia juga akan menyiapkan dokter bagi beberapa cabang olahraga tertentu, dimana penunjukan dan penugasannya ditentukan oleh pengurus cabang olahraga yang bersangkutan melului delegasi teknis.

Panitia pelaksana Porda mengaku menyiapkan sebanyak 50 orang dokter untuk memberikan pertolongan bagi atlet yang mengalami masalah ketika pertandingan. Puluhan dokter ini selanjutnya disebar diberbagai lokasi pertandingan.

Panitia penyelenggara Porda Sulsel XVI 2018 di Kabupaten Pinrang bidanh kesehatan yang dikoordinir dinas kesehatan Kabupaten Pinrang, juga menyediakan posko pelayanan kesehatan diberbagai lokasi.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024