Pinrang (Antaranews Sulsel) - Peraih medali perunggu Asian Games 2018 Andi Tri Sandi memanaskan persaingan setelah memutuskan turun memperkuat daerahnya pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI di Kabupaten Pinrang, 23-30 September.

Andi Tri Sandi Putra yang merupakan salah satu Personel Direktorat Sabhara Polda Sulawesi Selatan itu bahkan berhasil membawa daerahnya yakni Kabupaten Kepulauan Selayar melaju hingga babak final nomor tim putra di Gedung Sumber Baru Jl Lingkar Pinrang, Rabu.

Pria kelahiran 1997 itu juga terlihat begitu total dan penuh semangat untuk memperlihatkan kemampuan terbaiknya menghadapi tim putra asal Kabupaten Luwu Utara di partai final hari ini.

Sekretaris Umum PSTI Sulsel, Nukrasi Nawir mengatakan meskipun Andi Tri Sandi merupakan atlet Asian Games namun tetap berhak memperkuat daerahnya di Porda 2018 kali ini.

Adapun alasannya, kata dia, dikarenakan akan atlet yang bersangkutan memang belum sekalipun tampil memperkuat Sulsel di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).

Dalam buku pedoman Porda XVI -2018 Kabupaten Pinrang, terdapat poin jelas yang menyebutkan sebelum pelaksanaan Pra-porda yang dilaksanakan induk organisasi masing-masing, atlet yang sudah dinyatakan lolos Porda XVI-2018 Pinrang, tidak diperkenankan melakukan pergantian atlet.

Selanjutnya disebutkan bagi atlet yang pernah mengikuti PON tidak diperkenankan mengikuti Porda XVI 2018 Pinrang.

"Jadi masih bisa memperkuat daerahnya. Kehadiran AndibTri Sandi juga kita harapkan semakin memotivasi atlet-atlet muda dari berbagai kabupaten/kota di Sulsel, dengan keberhasilannya merebut perunggu di ajang Asian Games yang baru saja dilaksanakan," jelas mantan Sekretaris Umum Komite ?Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel itu.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024