Makassar (Antaranews Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah akan memberikan bantuan berupa satu unit Kapal Feri kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Selayar bertepatan dengan peringatan Hari Jadi wilayah tersebut pada bulan November mendatang.

"Ini penting (bantuan Kapal Feri), karena kami ingin memberikan satu contoh sistem transportasi antar pulau yang aman dan nyaman," kata Nurdin yang ditemui di Makassar, Selasa.

Nantinya kapal yang diperkirakan menelan anggaran hingga Rp30 miliar tersebut akan diberikan dalam bentuk hibah, yang pengelolaannya sepenuhnya diberikan kepada pemerintah kabupaten. "Harus didorong agar daerah merasa memiliki Sulsel secara keseluruhan, sehingga kita bisa bersinergi," tambahnya.

Rencana pemberian Kapal Feri ini disambut dengan sukacita oleh Bupati Selayar Muh. Basli Ali. Menurut bupati, kapal ini akan menjadi hadiah yang luar biasa bagi masyarakat Kepulauan Selayar. "Apalagi ?nilainya sampai puluhan miliar," kata dia.

Transportasi laut di Kabupaten Kepulauan Selayar, menurut dia, selama ini hanya dilayani oleh dua Kapal Feri. Sebagian besar masyarakat masih menggunakan kapal kayu.

Namun, lanjutnya, pasca musibah karamnya KM Lestari Maju beberapa waktu yang lalu, pihaknya memperketat izin transportasi laut, dan melarang penggunaan kapal kayu.

Hadirnya Kapal Feri bantuan pemprov tersebut, menurut Muh. Basli Ali akan menjadi solusi bagi pemenuhan kebutuhan transportasi laut yang aman dan nyaman bagi masyarakat Selayar dan wisatawan yang ingin berkunjung ke wilayah yang terkenal dengan wisata baharinya ini.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024