Makassar (Antaranews Sulsel) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sulawesi Maluku (Sulama) menyalurkan bantuan untuk korban gempa tsunami Palu Dan Donggala berupa bahan makanan dan pakaian.

Asisten Deputi Wilayah Bidang Umum dan SDM, Dewi Mulya Sari yang juga Pejabat Pelaksana Sementara Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulama pada Rabu mengatakan, bantuan tersebut merupakan bagian Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang salah satunya diperuntukkan untuk membantu meringankan beban korban bencana alam.

"Kita tahu bencana Tsunami dan Gempa di Palu dan Donggala adalah bencana nasional yang efek pasca gempanya adalah kekurangannya kebutuhan pokok, sandang maupun papan masyarakat disana, dan sebagai bentuk kepedulian instansi dan karyawan, kami ingin tanggap dan segera mengirimkan bantuan bencana alam ke Palu, salah satunya memakai kapal laut milik TNI," ujarnya.

Dewi menambahkan, bantuan yang diserahkan berupa beras, makanan instan, susu bayi, popok bayi, sarung, selimut, senter, baterai, pembalut dan pakaian dalam wanita, air mineral, terpal, tenda, matras, tikar dan lainnya yang menjadi kebutuhan dasar dan mendesak warga Palu dan Sekitarnya.

Pengiriman bantuan kepada korban bencana Palu dan Donggala menggunakan KRI Makassar ini juta diikuti berbagai instansi dan BUMN. Bantuan tersebut diangkut usai pelepasan tentara dan polisi serta sukarelawan untuk membantu menangani bencana disana.

"Kami bersyukur ada akses pengiriman bantuan yang cepat ke Palu dan Donggala, makanya kami segera tanggap dan segera menyediakan barang berdasarkan daftar barang yang saat ini sangat dibutuhkan di lokasi bencana," tambah Dewi.

Dia menjelaskan, pihak BPJS Ketenagakerjaan juga telah siap melayani klaim Jaminan Kecelakaan Kerja atau Jaminan Kematian yang diprediksi akan meningkat di wilayah Sulawesi Tengah karena gempa terjadi pada saat jam pulang kantor.

"Sekarang kantor cabang kami yang ada Palu dan Donggala sementara pemulihan sarana dan prasarana pasca gempa, dan sementara bila peserta ingin melakukan klaim bisa dilakukan di kantor cabang lain yang terdekat, misalnya, kantor cabang Parigi Moutong, Pasang Kayu atau Poso," tukas Dewi.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024