Bantaeng (Antaranews Sulsel) - Bupati Bantaeng H Ilham Azikin mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Dusun Bonto Mate'ne Desa Layoa Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng, Kamis.

Ilham Azikin dalam sambutannya mengatakan persoalan pengendalian kependudukan adalah tanggung jawab semua sektor, bukan hanya urusan BKKBN sendiri.

"Kita perlu menyadari bersama bahwa pendidikan kependudukan dan sejenisnya adalah program yang harus kita tempuh, karena masalah kependudukan adalah masalah perilaku, mental, sikap yang berawal terbentuknya dari individu dan kehidupan keluarga," ujarnya.

Kehadiran Ilham Azikin bersama  Ketua TP. PKK Bantaeng, Hj. Sri Dewi Yanti memberi kegembiraan tersendiri bagi masyarakat setempat, karena merupakan kunjungan perdana bupati untuk program kependudukan KB dalam  pembangunan keluarga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Bantaeng, Ratna Lantara selaku ketua panitia pelaksana mengatakan Kampung KB merupakan miniatur pelaksanaan program KB secara terpadu dan komprehensif di tingkat lini lapangan yang dipadukan dengan program pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

menurut dia, program ini dicanangkan pada 2016 di Tangnga-tangnga. Dan pada 2017, telah dicanangkan di delapan Kampung KB di setiap kecamatan.

Sedang, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel Hj. Rini Riatika Djohari mengatakan program kependudukan KB dan pembangunan keluarga ini diutamakan di daerah yang padat penduduk guna meningkatkan kualitas keluarga.

"Saya mengajak seluruh SKPD bersama-sama memberdayakan dan membuat kampung KB di wilayah masing-masing," kata Rini seraya mengajak masyarakat setempat untuk ber-KB, karena dua anak cukup.

Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan program KKBPK secara utuh dan terintegrasi, yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarajat di tingkat desa/dusun dalam upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Turut hadir pada pencanangan tersebut antara lain para Pimpinan SKPD, Camat Gantarangkeke H Sahabuddin, para Penyuluh KB, serta masyarakat setempat.

Pewarta : Syamsurya Pratama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024