Makassar (Antaranews Sulsel) - Komunitas atlet yang dipelopori oleh Shorinji Kempo Makassar melakukan kegiatan sosial berupa bazar amal pengumpulan donasi untuk korban gempa dan tsunami yang terjadi di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Alhamdulillah jiwa sosial para atlet dan warga Makassar sangat tinggi dan begitu kita laksanakan bazar amal yang mengambil tempat di lokasi keramaian Pasar Segar, antusias warga sangat tinggi ingin menyumbang langsung," ujar Ketua Kempo Makassar Wachyudi Muchsin di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan bencana gempa yang diikuti tsunami di wilayah Palu, Sigi dan Donggala itu telah membuat duka yang dalam bagi warga Sulawesi Tengah serta bagi rakyat Indonesia pada umumnya.

Wachyudi yang juga berprofesi dokter itu pun mengaku jika duka yang dialami warga Sulten juga dirasakan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya dan salah satu bentuk kepedulian dalam meringankan beban yakni dengan membuat donasi tersebut.

"Ini hanyalah salah satu bentuk saja dalam meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Sulawesi Tengah itu. Melalui donasi ini, kami harap bisa membantu sedikit demi sedikit untuk memulihkan kondisi di Sulteng," katanya.

Pada bazar amal untuk korban gempa dan tsunami itu, Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal juga hadir dan meminta kepada semua hadirin untuk ikut mendokan para korban agar bisa tabah dalam menghadapi bencana.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada ketua dan semua pengurus kempo yang telah memperlihatkan kepeduliannya terhadap sesama," ucapnya.

Menurut Syamsu Rizal yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Makassar itu, dengan adanya kegiatan bazar amal menunjukkan bahwa ternyata olahraga itu bukan hanya sekedar berlatih dan menjadi juara, tetapi kehadirannya memperlihatkan kepeduliannya terhadap sesama.

"Dari laporan teman teman yang bertugas di Palu, di sana itu masih banyak sekali masyarakat yang belum bisa menikmati hidupnya. Olehnya itu, dengan adanya bazar amal ini insyah allah dapat mengurangi beban mereka," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024