Makassar (Antaranews Sulsel) - Berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kota Makassar, mendukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 mengkampanyekan literasi dan inklusi keuangan di daerah itu.

"Kampanye literasi dan inklusi keuangan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya bagi para calon nasabah lembaga keuangan akan pentingnya hak dan kewajiban," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Sabtu.

Ia mengatakan kegiatan yang mengangkat tema "Sinergi Mendorong Percepatan Akses Keuangan" ini didukung penuh oleh Pemkot Makassar.

Dia mengatakan banyak orang hanya mengetahui secara umum terkait perbankan, utamanya pada saat membuka rekening tabungan.

"Banyak orang menabung tapi mereka tidak mengetahui hak dan kewajibannya sebagai nasabah. Dengan begitu hadirnya Expo Literasi ini bisa mengedukasi masyarakat di bidang keuangan agar tidak tertinggal dengan kemajuan sistem jasa keuangan," ucapnya.

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto berharap kegiatan itu bisa membawa Kota Makassar menjadi lebih kuat, khususnya ?di bidang keuangan.

Sementara Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Zulmi menambahkan kegiatan itu bertujuan mempublikasikan dan mengoptimalkan program-program inklusi keuangan melalui kegiatan pameran produk keuangan dan UMKM.

Tidak hanya itu, kegiatan itu juga untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap produk atau layanan jasa keuangan.

Selain itu, kegiatan tersebut bertujuan membuka akses keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat, mendorong pembukaan rekening serta penggunaan produk dan layanan jasa keuangan.

Menurut dia, masyarakat juga dapat mengunjungi berbagai booth yang ada di kegiatan itu. Terdapat booth UMKM binaan perbankan hingga booth lembaga jasa keuangan seperti bank, asuransi, pegadaian, perusahaan pembiayaan dan fintech.?

"Jadi, untuk masyarakat Kota Makassar, kami tunggu kehadirannya di Expo Literasi dan Inklusi Keuangan, Sabtu-Minggu, 20-21 Oktober 2018," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024