Makassar (Antaranews Sulsel) - Sebanyak 1.000 nelayan di Kabupaten Jeneponto, menerima bantuan paket konverter kit elpiji dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Paket konverter kit ini diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial didampingi anggota DPR RI Komisi VII Mukhtar Tompo dan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar di Jeneponto, Jumat.

"Dengan semakin bertambahnya nelayan kecil yang menerima bantuan konverter kit ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan, melainkan juga menggerakan roda perekonomian di Kabupaten Jeneponto," kata Syahrial usai penyerahan bantuan tersebut.

Syahrial menjelaskan pemerataan pembangunan melalui bantuan langsung konverter kit elpiji untuk nelayan kecil dari Kementerian ESDM ini mengacu pada prinsip keadilan sosial, pertumbuhan ekonomi, dan keberlanjutan lingkungan.

"Kami menyadari kontribusi nelayan skala kecil sangat besar dalam produksi perikanan tangkap, namun nelayan skala kecil masih diidentikkan dengan kemiskinan," ujarnya.

Dengan pembagian konverter kit di Jeneponto, kata dia, jumlah total penyerahan bantuan tersebut kepada nelayan di Sulawesi tahun 2018 sebanyak 3.516 unit konverter kit. Sebelumnya juga bantuan serupa rtelah diserahkan kepada nelayan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, sebanyak 1.000 paket konverter kit, di Kabupaten Banggai (Sulawesi Tengah) 563 paket dan Kabupaten Takalar (Sulawesi Selatan) 953 paket konverter kita.

General Manager Pertamina MOR VII/Sulawesi Tengku Fernanda menjelaskan pihaknya akan memastikan ketersediaan elpiji bagi nelayan yang mendapatkan bantuan konverter kit tersebut.

"Saat ini untuk suplai pasokan elpiji tiga kilogram subsidi bagi nelayan di Kabupaten Jeneponto dilayani oleh dua agen dan lima pangkalan. Khusus untuk melayani nelayan di daerah tersebut, kami akan mendirikan sebanyak delapan pangkalan elpiji baru," ujar Tengku.

Ia menyebutkan kebutuhan elpiji 3kg per bulan bagi nelayan Jeneponto diperkirakan mencapai sekitar 8.000 tabung. Setiap paket perdana konverter kit BBM ke elpiji ini terdiri atas beberapa komponen, yaitu mesin penggerak, konverter kit, dua tabung LPG 3kg dan isi, long tail, dan aksesoris pendukung lainnya.

Nelayan yang mendapatkan paket konverter kit BBM ke BBG adalah mereka yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT), berbahan bakar bensin atau solar dan memiliki daya mesin di bawah 13 horse oower (HP).

Data Kementerian ESDM tahun 2016 menyebutkan penyerahan bantuan kepada nelayan di Indonesia telah dibagikan sebanyak? 5.473 unit konverter kit dan tahun 2017 sebanyak 17.081 unit paket konverter kit. Sementara hingga Desember tahun 2018, sesuai Keputusan Menteri ESDM Nomor 294K/10/MEM/2018 akan dibagikan sebenyak 25.000 unit konverter kit untuk 55 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Pewarta : Nurhaya J. Panga
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024