Sinjai (Antaranews Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, menggelar pesta adat "Mappogau Hanua" sebagai wujud rasa syukur terhadap hasil pertanian dan perkebunan masyarakat setempat.

"Pesta adat Mappogau Hanua merupakan event budaya yang digelar setiap tahun dan dilaksanakan secara bergiliran oleh masyarakat Desa Kanrung, Desa Saohiring dan Kelurahan Samaenre," kata Wakil Bupati Sinjai saat menghadiri  puncak pesta adat Mappogau Hanua di Caile Desa Kanrung, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Rabu. Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong memberikan sambutan pada pesta adat Mappogau Hanua di Caile Desa Kanrung, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Rabu (31/10/2018). (FOTO/Humas Pemkab Sinjai)
Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya meriah, tetapi juga sarat dengan makna dan nilai filosofi yang bernilai positif dalam rangka penguatan budaya lokal masyarakat yang tentunya memiliki manfaat yang sangat besar dalam menfilter pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian yang kita miliki.

Ia berharap panitia pelaksana dan segenap masyarakat Desa Kanrung Kecamatan Sinjai Tengah, agar ke depannya kegiatan ini dapat dikemas dengan lebih baik sehingga menarik untuk dikunjungi masyarakat maupun wisatawan.
  Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong (tengah) saat menghadiri pesta adat Mappogau Hanua di Caile Desa Kanrung, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Rabu (31/10/2018). (FOTO/Humas Pemkab Sinjai) "Melalui Pesta Adat Mappogau Hanua ini pula saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa melestarikan seluruh nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang di miliki," ujarnya.

Turut hadir pada acara ini antara lain Ketua DPRD, para Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Sinjai, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sinjai, Kakanwil Kementerian Hukum & HAM Sulsel di wakili Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Mantan Wakil Bupati Sinjai H Andi Fajar Yanwar, Kepala Perangkat Daerah lingkup Kabupaten Sinjai, Kepala Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD, pimpinan ormas Islam, Ketua STIP Muhammadiyah Sinjai, Para Kabag Setdakab. Sinjai, Camat, Kepala Desa se-Kecamatan Sinjai Tengah, tokoh Budaya dan Seni, tokoh Masyarakat dan Pemuda, serta insan pers.

Pewarta : -
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024