Makassar (Antaranews Sulsel) - Pelatih PSM Robert Rene Alberts menanggapi tentang potensi ancaman atau "teror" dari Bonek saat timnya bertemu Persebaya Surabaya dalam lanjutan kompetisi Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, 10 November 2018.

Robert Rene Albert di Makassar, Rabu, mengatakan dukungan suporter merupakan bagian dari sepak bola dan itu sesuatu yang normal.

"Sama halnya di sini (Makassar), kita didukung 10 ribuan suporter fanatik setiap menjalani pertandingan kandang di Stadion," kata Robert Rene Alberts menanggapi bagaimana upaya memotivasi mental pemain atas tekanan hingga 50 ribu suporter Persebaya yang rencana menyaksikan laga penting tersebut.

Ia menjelaskan, soal berapa pun jumlah suporter yang akan datang dan mendukung langsung tim kebanggaannya dalam pertandingan kandang, bukannya hal yang harus dihindari.

"Jadi berapapun jumlah suporter, saya kira itu merupakan bagian dari sebuah pertandingan," kata pelatih asal Belanda tersebut.

Mantan pelatih Arema itu menyebutkan jika suporter di Indonesia memang luar biasa. Bahkan dirinya setuju jika disebut sebagai suporter terbaik di Asia Tenggara.

Meski demikian, ia mengaku penting untuk mendidik suporter untuk berlaku baik.

"Membuat mereka (suporter) paham bahwa pemain itu sudah mencoba bekerja keras untuk tampil baik, sehingga suporter harus berfokus menjaga kondisi sehingga terhindar dari sanksi dan juga bisa mencontoh suporter Jepang," ujarnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024