Mamuju (Antaranews Sulsel) - Perum Bulog Sub Divre Mamuju Provinsi Sulawesi Barat akan mendistribusikan beras sejahtera (rastra) triwulan IV kepada masyarakat di tiga kabupaten di daerah itu.

Kepala Perum Bulog Sub Divre Mamuju Yatsir, Selasa di Mamuju, mengatakan, distribusi beras sejahtera Triwulan IV periode Oktober-November hingga Desember 2018 itu akan segera disalurkan ke masyarakat di Kabupaten Pasangkayu, Mamuju dan Kabupaten Mamuju Tengah.

"Panyaluran ranstra periode Oktober hingga Desember 2018 ini akan kami genjot," kata Yatsir.

Berdasarkan data pada penyaluran periode sebelumnya, jumlah beras sejahtera yang disalurkan, yakni mencapai 160 ton dengan 18. 839 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang tersebar di tiga kabupaten.

Di Kabupaten Mamuju tercatat 8.158 KPM dengan beras sejahtera yang disalurkan sebanyak 81.580 kilogram, kemudian di Mamuju Tengah sebanyak 2.994 KPM dengan jumlah beras yang disalurkan 29.940 kilogram serta? 5.687 KPM di Kabupaten Pasangkayu sehingga beras yang disalurkan sebanyak 56. 870 kilogram.

Setiap KPM akan menerima 10 kilogram beras sejahtera per bulan.

"Penyaluran rastra tiga bulan untuk akhir tahun ini kami genjot agar tidak ada lonjakan harga sebab salah satu pemicunya karena semua masyarakat pasti membeli beras di pasaran sehingga akan memicu kenaikan harga," katanya.

"Jadi, penyaluran rastra itu dapat meredam terjadinya kenaikan harga dan kalaupun ada kenaikan mereka mereka akan tertolong dengan adanya ranstra tersebut," kata Yatsir.

Bansos rastra itu, kata dia, akan didistribusikan langsung ke titik distribusi yang telah ditetapkan pemerintah daerah.

"Kami akan mengantar langsung hingga ke titik distribusi yang telah ditentukan pemerintah daerah, apakah di kantor desa, kelurahan atau kantor kecamatan," demikian Yatsir.

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024