Makassar (Antaranews Sulsel) - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat yang ada di sebagian wilayah Provinsi Sulawesi Selatan karena tingginya intensitas hujan.

"Untuk di beberapa wilayah, hujan sudah turun seperti di wilayah selatan provinsi ini sedang terjadi hujan dengan intensitas tinggi atau lebat," ujar prakirawan BBMKG Re`kun Matandung di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan sebagian wilayah di Sulawesi Selatan hujan sudah sering turun dengan intensitas sedang dan lebat.

BMKG sendiri membagi wilayah Sulsel dalam empat wilayah yang hampir semuanya sudah memasuki masa penghujan.

Pada saat ini, pihaknya mengigatkan kepada masyarakat untuk beberapa wilayah yang hujannya masuk kategori sedang hingga lebat yang diperkirakan terjadi pada Kamis (22/11) ini dengan beberapa daerah.

Di wilayah bagian selatan provinsi ini seperti Kabupaten Takalar, Jeneponto dan memungkinkan akan meluas ke Kabupaten Gowa hingga kota Makassar.

Re`kun menyatakan selain hujan lebat, masyarakat juga perlu mewaspadai akan adanya kemungkinan petir dan angin kencang.

Untuk wilayah bagian utara Sulsel seperti Kabupaten Luwu Timur, Luwu Utara, juga diperkirakan hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai petir serta angin kencang.

"Pemantauan kami itu hujan berintensitas sedang hingga lebat dan disertai petir, kilat serta angin kencang. Masyarakat perlu waspada saja," katanya.

Sedangkan untuk ketinggian gelombang laut, BBMKG Wilayah IV Makassar mencatat angka 1,25 meter hingga 2,5 meter. Tinggi gelombang juga dianggap masih moderat. 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024