Makassar (Antaranews Sulsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan potensi empat bencana di wilayah tersebut pada saat terjadi cuaca ekstrim.

Kepala BPBD Sulawesi Selatan Syamsibar di Makassar, Sabtu, mengatakan empat ancaman bencana yang diharapkan tidak terjadi itu seperti banjir, tanah longsor, puting beliung, dan abrasi.

"24 kabupaten kota di Sulawesi Selatan berpotensi terjadi bencana. Kita patut waspada karena semua titik daerah rawan dan semuanya rentan terjadi bencana alam," katanya.

Ia menjelaskan, beberapa daerah di Sulsel juga sudah menjadi langganan banjir, sehingga saat musim hujan tiba, semuanya harus waspada bukan hanya pemerintah namun seluruh masyarakat.

Intensitas hujan yang cukup tinggi di beberapa daerah juga patut menjadi perhatian. Apalagi sudah ada beberapa daerah yang telah terkena banjir seperti Kabupaten Sinjai ataupun yang baru saja terjadi yakni di Kabupaten Toraja.

BPBD Provinsi Sulsel juga terus fokus memperkuat koordinasi dengan berbagai pihak agar bisa lebih solid dalam penanganan dan antisipasi bencana alam.

"Jadi koordinasi dengan seluruh petugas BPBD kabupaten dan kota di Sulsel terus kita intensifkan, apalagi musik penghujan sudah tiba," ujarnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024