Makassar (Antaranews Sulsel - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menggelar Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Angkatan I Tahun 2019,yang merupakan program Kementerian BUMN ?Forum Human Capital Indonesia? melalui ?BUMN Hadir untuk Negeri

Direktur SDM Pelindo IV M Asyhari melalui keterangan percaya di Makassar, Jumat,

mengatakan Program PMMBmerupakan perwujudan dari program nawacita Presiden RI Joko Widodo dan Sinergi BUMN.

"Program ini sudah ditindaklanjuti dengan MoU oleh 5 kementerian, yakni Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, serta Kementerian Ketenagakerjaan, " katanya.

Program ini berlangsung selama lima bulan, mulai 6 Februari hingga 6 Juli 2019 dan diikuti oleh 13 orang mahasiswa yang akan melakukan magang di masing-masing direktorat yang ada.

Dia menyebutkan, sebanyak tiga orang mahasiswa berasal dari Universitas Hasanuddin, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Universitas Negeri Makassar, STIA LAN Makassar dan Universitas Pertamina Jakarta.

Menurut Asyhari, Forum Human Capital Indonesia (FHCI) merupakan wadah bagi para pengelola dan praktisi manajemen Human Capital di lingkungan BUMN untuk kemajuan pengelolaan Human Capital di Indonesia.

FHCI sebagai perpanjangan tangan Kementerian yang melaksanakan PMMB, telah melakukan penandatanganan MoU dengan 216 universitas negeri dan swasta di Indonesia dengan 93 BUMN yang sudah melaksanakan.

"Program ini juga adalah implementasi bagi pengelola dan praktisi manajemen Human Capital di lingkungan BUMN untuk meningkatkan kompetensi anak bangsa melalui Program Pemagangan di BUMN agar tercipta SDM unggul, serta dengan dilaksanakannya program ini kedepannya adalah link and match kurikulum pendidikan perguruan tinggi negeri/swasta dapat selaras dengan kebutuhan kompetensi di BUMN," papar Asyhari.

Pewarta : -
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024