Makassar (Antaranews Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengingatkan Indonesia membutuhkan banyak ahli pelayaran profesional guna menggali dan mengembangkan potensi besar sebagai negara kepulauan.

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada Kamis ini menghadiri acara wisuda perwira remaja Pelayaran Niaga Tingkat IV Ahli Nautika Tingkat IV dan Ahli Teknika Tingkat IV SMK Pelayaran Katangka di Makassar.

"Pesan saya kepada adik-adik alumni pelayaran, kalian harus menjaga amanah, jujur dan profesional serta ahli di bidangnya. Untuk pekerjaan, Insya Allah kalian sangat dibutuhkan dalam dunia pelayaran di manapun berada," katanya.

Acara wisuda itu juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Irman Yasin Limpo, Ketua Yayasan Mitra Bahari Makassar Hj Hayarna Basmin, Kepala Sekolah SMK Pelayaran Katangka Munafri Paspi, Ketua Harian SMK Pelayaran Katangka Arham Basmin.

Kepala Sekolah SMK Pelayaran Katangka Makassar Munafri Paspi melaporkan Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan sertifikat approval dari Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI.

Dengan approval tersebut, SMK Katangka Makassar sudah dapat melaksanakan ujian dan SMK Katangka Makassar sendiri telah mencetak ribuan alumnus yang kini berkarir di beberapa perusahaan pelayaran niaga baik domestik maupun internasional. "Hari ini sebanyak 160 orang yang akan diwisuda yang terdiri dari Jurusan Nautika Kapal Niaga sebanyak 90 orang dan Jurusan Teknika Kapal Niaga sebanyak 70 orang," katanya.

Rencananya, Kamis malam nanti agenda akan dilanjutkan dengan ramah tamah pengelola SMK Pelayaran Katangka Makassar bersama wisudawan.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024