Makassar  (Antaranews Sulsel) - Anggota Komisi IX DPR Aliyah Mustika Ilham menggandeng Kementerian Kesehatan untuk mensosialisasikan Gerakan Hidup Sehat (Germas) di Kota Makassar, Jumat. 

"Kita mulai dulu dari diri kita sendiri, terus pelan-pelan diterapkan ke dalam keluarga dan lingkungan. Program ini penting untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari," ujar Aliyah Mustika Ilham di Makassar, Jumat. 

Dia mengatakan pola hidup sehat harus dilakukan dengan mengatur pola makan yang baik seperti rutin mengonsumsi buah serta tidak berlebihan mengonsumsi makanan berlemak.

"Dengan rajin makan buah, serta tidak berlebihan mengonsumsi makanan berlemak, Insya Allah kita bisa terhindar dari berbagai masalah penyakit yang saat ini banyak diderita masyarakat seperti hipertensi, kolesterol, gagal jantung dan lain sebagainya," katanya. 

Aliyah mengungkapkan banyak buah yang murah dan sehat di jual di pasar, seperti pepaya dan pisang. Buah-buahan itu, kata dia, sangat mudah didapatkan dan jika rutin dikonsumsi akan sangat bermanfaat untuk kesehatan. 

Kepala Seksi (Kasi) Peningkatan Peran Serta Masyarakat Direktorat Promosi Kesehatan, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) drg Marlina Ginting yang hadir sebagai pemateri mengatakn selain pola makan sehat, rutin berolahraga juga sangat penting untuk kesehatan.

"Selain pola makan yang sehat, minimal 30 menit setiap hari kita berolahraga mudah-mudahan kita bisa lebih sehat dan terhindar penyakit-penyakit tidak menular," katanya. 

Pada akhir sosialisasi, politisi Partai Demokrat ini bersama seluruh peserta melakukan makan buah bersama.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024