Mamuju (ANTARA) - Forum Persaudaraan Pemuda Sulbar (FPPS) menggelar dialog publik dengan tema "Pendidikan Pemilih terhadap Potensi Pelanggaran dan Kecurangan Pemilu 2019 serta pencegahannya,".

"Dialog publik ini menghadirkan tiga narasumber di antaranya Ketua KPU Kabupaten Mamuju, Bawaslu Provinsi Sulbar dan Kejaksaan Negeri Mamuju," kata Ketua DPP FPPS Nirwansyah, S.IP di Mamuju, Selasa.

Nirwansyah mengajak seluruh elemen masyarakat  untuk mengawal pesta demokrasi tahun ini dengan tidak mengeluarkan argumen provokatif, baik secara lisan maupun melalui media Sosial.

"Mari kita kawal bersama pemilu serentak ini dengan pemikiran yang baik karena sukses pemilu serentak nantinya bukan cuma sukses penyelenggara saja, tetapi sukses bagi seluruh lapisan masyarakat untuk negara dan bangsa yang lebih baik ke depan," katanya.

Menurut dia,  peran pemuda sangat dibutuhkan dalam menyukseskan pesta demokrasi dan ikut serta memantau dan mengawal proses pemilu agar tidak ada kecurangan ataupun pelanggaran selama proses pemilu.

"Pemilu yang sukses adalah pemilu yang pertisipasi pemilihnya meningkat tanpa adanya pelanggaran ataupun kecurangannya menurun," katanya. 

Sementara itu, ketua KPU Kabupaten Mamuju Hamdan Dangkan menjelaskan pesta demokrasi kali ini seluruh elemen sangat berperan penting dalam menyukseskan pemilu 2019 baik dari penyelenggara pemilu, mahasiswa, pemilih pemula dan seluruh masyarakat.

"Kami juga minta seluruh elemen masyarakat  memberantas berita hoax dan money politic karena pada dasarnya ketika kita ada money politik, sama saja halnya kita memilih pemimpin yang salah bahkan korupsi," katanya.
 
Ia juga meminta semua elemen untuk melaporkan jika mendapatkan calon legislatif melakukan money politic karena cara itu bisa melahirkan pemimpin yang baik.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024