Makassar (ANTARA) - Mantan Wakil Wali Kota Makassar, Dr Syamsu Rizal mengakui kehebatan sosok almarhumah Ani Yudhoyono sebagai panutan bagi perempuan Indonesia.

Almarhumah Ani Yudhoyono diketahui telah tutup usia karena penyakit kanker darah yang dideritanya di Rumah Sakit Nasional University Singapura, pukul 11.50 (waktu Singapura), Sabtu 1 Juni 2019.

Menurut Deng Ical sapaan akrab Syamsul Rizal di Makassar, Sabtu,  Ani  Yudoyono adalah sosok sempurna sebagai ibu negara yang selalu tampil di depan publik mendampingi sang suami Susilo Bambang Yudhoyono.

"Itu menjadi contoh ibu negara yang baik buat masyarakat. Memang namanya ibu negara harus rela mematikan hak-hak pribadinya dan beliau sanggup serta bisa melaksanakan hal itu," papar Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar ini.

Bagi Deng Ical, Ibu Ani Yudhoyono sosok yang komunikatif dan sangat baik, mampu mengabaikan kepentingan pribadinya untuk selalu tampil sempurna di depan masyarakat luas. Hal inilah yang menjadi alasan Deng Ical menganggap Ibu Ani merupakan 'rool model' bagi ibu-ibu masa kini utamanya mereka yang selalu tampil depan umum.

"Di depan kita beliau tampil perfect, baik banget. Meski secara dekat kita sudah kenal anak-anaknya, tahu dia sering marah tetapi itu tidak pernah diperlihatkan depan publik, itulah hebatnya almarhumah. Itu bagus untuk jadi rool model buat ibu-ibu yang tampil di publik," ujar mantan politisi Partai Demokrat ini.

Deng Ical mengisahkan kesan bersama Ibu negara dua periode tersebut. Dirinya pernah disuguhkan langsung kopi oleh Ibu Ani, tatkala berada di kediaman pribadi presiden kala itu.

Duduk di ruangan perpustakaan pribadi presiden keenam itu usai diterima dan terlihat ibu mertua Anisa Pohan sendiri yang mengangkat teko serta gelasnya.

"Saat itu kami mau rapat di rumah beliau, tapi saya lupa tahun berapa. Kami hanya berlima, dibawakan teko isi kopi dan gelas, dan ibu Ani yang angkat langsung," kisahnya.

Deng Ical tidak lupa menyampaikan ucapan duka atas meninggalnya ibu Ani Yudhoyono dan berharap Tuhan Yang Maha Esa mencurahkan kesabarannya kepada keluarga yang ditinggalkan sekaligus mengajak warga Makassar mengirimkan Al Fatihah buat istri mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

"Secara pribadi dan keluarga serta saya mengajak warga Makassar agar kiranya berkenan, mari kita kirimkan Alfatihah buat almarhumah Ibu Ani Yudhoyono," ujar Deng Ical.
 

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024