Makassar (ANTARA) - Pergerakan penumpang di Pelabuhan Makassar mencapai 7.692 orang pada H+6 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Jumlah ini lebih banyak dibandingkan pada H+5 yang penumpangnya mencapai 5.232 orang," kata General Manager PT Pelindo IV (Persero) Cabang Makassar Aris Tunru di Makassar, Rabu.

Berdasarkan data Departure Control System Terminal Penumpang "Anging Mammiri" Pelabuhan Makassar, jumlah penumpang turun tercatat 4.326 orang dan penumpang naik 3.366 orang pada H+6.

Kondisi itu jika dibandingkan dengan periode yang sama H+6 2018, masih lebih tinggi karena total pergerakan penumpang periode yang sama tahun lalu 3.346 orang dengan jumlah penumpang naik 1.913 orang dan penumpang turun 1.433 orang.

"Kemarin salah satu kapal yang mengangkut adalah KM Umsini tujuan Jakarta," kata Aris.

Sementara itu, salah seorang pedagang kaki lima di Pelabuhan Makassar mengaku mendapat pembeli sedikit lebih jauh dibandingkan ketika arus mudik.

Dia mengatakan, arus balik ini jumlahnya tidak sebanyak penumpang yang mudik melalui Pelabuhan Makassar, sehingga pembeli juga menurun.

"Apalagi sudah melewati puncak arus balik sebelum masa masuk kerja," katanya. General Manager PT Pelindo IV (Persero) Cabang Makassar Aris Tunru. ANTARA Foto/Suriani Mappong





 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024