Mamuju (ANTARA) - Politeknik Kesehatan Kabupaten Mamuju mengunjungi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Mamuju untuk melakukan penelitian kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kedatangan dua dosen Poltekes tersebut disambut langsung Kepala Rutan Mamuju Abd Rachman didampingi Kepala Subsie Pelayanan Tahanan Ardhi Mahardika.

"Kegiatan ini berlangsung selama sehari, melibatkan dua orang dosen dari Poltekkes dengan memberikan kuisioner kepadabeberapa WBP untuk diselesaikan selama satu jam," kata Ardi Mahardika

Sebanyak 40 orang warga binaan Rutan Mamuju mengikuti kegiatan tersebut dengan rentan umur 18 sampai dengan 25 tahun.

"Kegiatan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penahanan dan pemidanaan terhadap tingkat stres narapidana dan tahanan remaja," terang Ardi.

Ke depannya lanjut Ardi, kegiatan tersebut akan dilakukan secara rutin sebagai tindaklanjut atas MoU yang ditandatangani oleh pihak Poltekes dengan Rutan Mamuju.

Terpisah, Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Sulbar HM Anwar menyampaikan apresiasinya pada kegiatan tersebut.

Anwar berharap, kegiatan tersebut juga dilakukan di Lapas dan Rutan lain di Sulawesi Barat.

"Kegiatan ini sangat positif, sehingga tingkat stres para warga binaan dapat dideteksi dan dapat dilakukan manajemen stres sehingga warga binaan sehat secara batin," tutup Anwar.

 

Pewarta : -
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024