Jakarta (ANTARA) - Tim nasional U-15 Indonesia diminta oleh pelatihnya Bima Sakti untuk menaklukkan diri sendiri sebelum menjalani laga pertama di Grup A Piala AFF U-15 2019 menghadapi Vietnam di Thailand, Sabtu (27/7), mulai pukul 15.00 WIB.

"Kami sampaikan untuk melawan diri sendiri, ego. Anak-anak mesti mampu menaklukkan grogi karena sebagian dari mereka ada yang pertama main turnamen internasional. Beberapa juga ada yang baru perdana berlaga di luar Indonesia," ujar Bima Sakti, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Jumat.

Menurut Bima, seluruh elemen dalam tim turut pula membantu para pemain untuk tetap tenang, fokus dan mengendalikan emosi.

Mereka menanamkan ke dalam benak pemain remaja itu bahwa semua yang mereka lakukan saat ini adalah bagian dari proses perkembangan diri mereka sebagai pemain dan, secara umum, sepak bola Indonesia.

"Adik-adik ini kini berada pada kelompok usia paling muda di timnas. Untuk sepak bola Indonesia yang lebih baik, saya kira semua pasti butuh proses," kata Bima.

Sementara terkait pertandingan kontra Vietnam, pelatih timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu menegaskan bahwa dirinya bersama staf pelatih sudah menganalisis kekuatan lawan.

Mereka telah mengetahui gaya bermain Vietnam dan memberitahukannya kepada pemain dalam latihan.

"Kami fokus latihan untuk pertandingan besok. Di sesi terakhir kami memberikan pemahaman kepada para pemain tentang bagaimana cara bermain Vietnam, sehingga mereka tahu gambaran menghadapi pertandingan besok," tutur Bima.


Pewarta : Michael Siahaan
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024