Makassar (ANTARA) - Mantan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengungkap pesan Ichsan Yasin Limpo kepadanya saat menjalani proses pengobatan di Singapore yakni jangan pernah melihatkan kesedihan.

"Ichsan berpesan ke saya jangan pernah memperlihatkan saya air mata, simpan kesedihan ta' dalam hati," ungkapnya pada upacara pelepasan jenazah yang dilakukan di kediaman keluarga besar H Yasin Limpo, Jalan Haji Bau Makassar, Kamis (1/08/2019).

"Katanya, saya perlu energi dan semangat ta. Saya tidak akan kalah dengan kanker, yang akan kalahkan saya adalah ajal yang tak tahu kapan datangnya," lanjutnya  menirukan kata-kata adiknya.

Syahrul YL mengatakan atas nama keluarga besar menyerahkan jenazah Punggawa sapaan akrab Ichsan YL kepada pemerintah untuk disemayamkan.

"Kami keluarga besar H Ichsan Yasin Limpo dengan segala ketulusan dan keikhlasan menyerahkan adik kami, beliau sosok politisi, salah satu tokoh kebanggaan anak Bugis Makassar. Kami berangkatkan dan serahkan kepada pemerintah untuk disemayamkan sesuai dengan prosedur," ujarnya.

Jenazah Bupati Gowa periode 2005-2010 diserahkan pihak keluarga kepada Pemerintah Kabupaten Gowa untuk dishalatkan di Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa selanjutnya dimakamkan di Pekuburan Islam Panaikang Makassar.

Perasaan haru menyelimuti prosesi penyerahan. "Hari ini kami harus menangis, kau orang baik, kau telah mencerminkan kebesaran keluarga dan orang Bugis Makassar. Kau juga telah membuktikan kata-katamu, keberanian tentang kebenaranmu, dan itu kau lakukan secara konsisten berjasa di Kabupaten Gowa," ungkapnya penuh haru.

Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, dan komandan upacara Kepala Satpol PP Gowa, Alimuddin.

Abd Rauf menyampaikan turut berduka cita atas nama pemerintah dan masyarakat Kab Gowa turut berduka cita atas meninggalnya Dr H Ichsan Yasin Limpo di Juntendo University Hospital Tokyo Jepang, Selasa (30/7) lalu.

"Hari ini kita berkumpul untuk melepas kepergian orang yang kita cintai dan kita banggakan, kita mencintai karena kita mengenal ketulusan dan keikhlasannya dalam berbuat untuk kebaikan orang banyak. Kita bangga padanya. Keberhasilan beliau dalam memimpin Kabupaten Gowa akan selalu terukir di hati rakyat Kabupaten Gowa," kata Abd Rauf.
 

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024